Sabtu, 20 Jan 2018 18:06 WIB

Penjualan Mobil

Mengintip Penjualan Mobil Hybrid di Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Toyota Foto: Toyota
Jakarta - Mobil ramah lingkungan seperti jenis hybrid sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Sudah dijual sejak beberapa tahun silam, hingga tahun 2017 jualan mobil hybrid bisa dibilang tak terlalu cemerlang. Masih kalah dengan mobil berbahan bakar konvensional.

Meski begitu, masih ada beberapa merek yang menawarkan model hybridnya di Tanah Air. Seperti Toyota lewat Camry hybrid dan juga Nissan lewat X-Trail.

Sepanjang 2017, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat jumlah penjualannya tak sampai 200 unit. Camry hybrid terjual sebanyak 134 unit, sementara X-Trail hybrid 10 unit, dan Lexus LS 600 hybrid satu unit saja.

Salah satu penyebab utamanya adalah harga jual yang cukup tinggi. Itu karena mobil hybrid dikenakan pajak lebih besar karena dianggap mengusung dua mesin yakni mesin bensin dan juga motor listrik.

Tentunya kondisi ini berbeda dengan di beberapa negara yang justru memberikan insentif kepada produsen mobil yang menjual mobil hybrid.

Pemerintah sendiri saat ini dikabarkan masih menggarap soal aturan mobil ramah lingkungan yang sebentar lagi akan dirampungkan. Aturan tersebut diharap bisa membuat harga jual mobil hybrid dan juga listrik murah sehingga bisa bersaing dengan mobil bermesin konvensional. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed