Live Report: Debut Dunia Datsun CROSS di Indonesia

Kamis, 18 Jan 2018 13:52 WIB Dadan Kuswaraharja, Rangga Rahadiansyah - detikOto

Datsun meluncurkan CROSS di Indonesia. Mobil akan menjadi mobil matik pertama Datsun di Indonesia. Indonesia akan menjadi negara pertama di dunia (world premiere) yang mendapatkan Datsun CROSS.Sesuai namanya, mobil ini akan menjadi sebuah mobil crossover yang berukuran kompak. Mobil memiliki fitur seperti transmisi CVT pertama untuk Datsun dan Ground Clearance yang tinggi. Seperti apa keseruan suasana peluncurannya, dan apa saja kejutan-kejutan yang akan dipamerkan Datsun hari ini? Simak terus live report dari tim detikOto.>

  • 14:00

  • 16:38

    Peluncuran Berakhir

    Acara peluncuran pun berakhir sudah. Saat ini, detikOto sudah mewawancarai beberapa petinggi Nissan Motor Indonesia dan Datsun. Masyarakat umum diperbolehkan menjadi saksi kelahiran Datsun CROSS malam nanti di mal Kota Kasablanka. Tunggu berita-berita menarik selanjutnya soal Datsun CROSS hanya di detikOto!

  • 16:36

    Ground Clearance 200 mm

    Mobil didesain untuk jalanan Indonesia, karena itu Datsun CROSS memiliki ground clearance yang tinggi, 200 mm. Bisa melaju di jalanan dengan nyaman. Rodanya berukuran 15 inci dengan ban dari material karet yang dibuat khusus sehingga memiliki kinerja yang lebih baik dan ekonomis.

    Live Report: Debut Dunia Datsun CROSS di IndonesiaFoto: Grandyos Zafna
  • 16:36

    Fitur Entertainment Datsun CROSS Oke Juga

    Di interior Datsun CROSS, anda akan dimanjakan dengan fitur entertainment yang cukup oke. Bisa terkoneksi dengan telepon genggam Anda.

    Live Report: Debut Dunia Datsun CROSS di IndonesiaFoto: Grandyos Zafna
  • 16:31

    Datsun CROSS Punya Roof Rail

    Untuk memperkuat kesan crossover, Datsun melengkapi CROSS dengan roof rail yang membuat mobil terlihat lebih sporty dan gagah. Roof rail memiliki kapasitas 30 kg.

    Live Report: Debut Dunia Datsun CROSS di IndonesiaFoto: Grandyos Zafna
  • 16:23

    Seperti Apa Mesin Datsun CROSS?

    Datsun Cross menggendong mesin 1.2 liter. Mobil ini ditawarkan dengan pilihan transmisi manual lima percepatan dan transmisi otomatis CVT.

    Nobuyuki Kawai, Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit Nissan Motor Co Ltd, mengatakan Datsun Cross manual pakai mesin yang sudah digunakan di GO dan GO+ Panca. Sementara untuk mesin Datsun Cross tipe CVT ada penyesuaiannya.

    Nobuyuki Kawai dan tim Datsun lainnya menjelaskan lebih detail produk Datsun CROSSNobuyuki Kawai dan tim Datsun lainnya menjelaskan lebih detail produk Datsun CROSS Foto: Dadan Kuswaraharja

    "Untuk CVT kami menggunakan mesin baru untuk Cross. Engine control benar-benar baru. Meski engine sama, tapi engine control-nya beda untuk Cross," kata Kawai.

    Dia mengklaim, ada peningkatan di mesin Cross. Terutama di tenaga Datsun Cross versi CVT.

    Mesin Datsun CrossMesin Datsun Cross Foto: Dadan Kuswaraharja

    "Untuk yang manual memang sama, tapi yang CVT totally baru. Ada kenaikan 10 daya kuda untuk yang CVT, jadi 78 daya kuda (manual 68 daya kuda). Kalau torsinya hampir sama di 104 Nm," jelasnya.

  • 16:16

    Presdir PT Nissan Motor Indonesia Jelaskan Fitur Datsun CROSS

    Usai peluncuran, Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia, Eichii Koito menunjukkan fitur unggulan di mobil Datsun CROSS. Datsun Cross merupakan model keenam Datsun secara global. Mobil ini menghadirkan tampilan khas serta fitur teknis dan keselamatan yang canggih.

    Datsun CROSSDatsun CROSS Foto: Dadan Kuswaraharja
  • 16:03

    Foto-foto Datsun CROSS

    Datsun sudah meluncurkan CROSS. Berikut beberapa foto dari peluncuran mobil di Jakarta.

    Datsun CROSSDatsun CROSS Foto: Dadan Kuswaraharja

    Datsun CROSSDatsun CROSS Foto: Dadan Kuswaraharja
    Datsun CROSSDatsun CROSS Foto: Rangga Rahardiansyah

    Datsun CROSSDatsun CROSS Foto: Rangga Rahardiansyah

    Datsun CROSSDatsun CROSS Foto: Rangga Rahardiansyah

    Datsun CROSSDatsun CROSS Foto: Rangga Rahardiansyah
  • 15:46

    Video Suasana Peluncuran

    Video suasana peluncuran Datsun CROSS di Mal Kota Kasablanka. Anda bisa menjadi saksi kelahiran mobil ini nanti malam.

    [Gambas:Video 20detik]

  • 14:57

    Datsun CROSS Dilengkapi Fitur Canggih

    Mobil Datsun CROSS menggunakan mesin yang benar-benar baru dengan kapasitas 1.200 cc dengan tenaga mulai 68 hp sampai 78 hp dengan torsi mencapai 104 Nm. Mobil ini memiliki banyak fitur keamanan seperti rem anti-lock brakes (ABS) Electronic Brake Distribution with brake assist (EBD-BA), traction control dan brake limited slip differential.

    Datsun CROSSDatsun CROSS Foto: Rangga Rahardiansyah

    Datsun CROSS juga punya airbag ganda, lampu peringatan sabuk pengaman, dan lampu headlight otomatis.

    Mobil dijual dalam 2 tipe untuk tipe transmisi manual Rp 163 juta untuk transmisi otomatis (CVT) Rp 175 juta. Harga ini masih harga indikasi. Harga final akan diumumkan saat mobil diserahterimakan pada bulan Maret 2018.

  • 14:50

    Datsun CROSS Buka Pasar Baru

    Datsun CROSSDatsun CROSS Foto: Rangga Rahardiansyah

    Datsun CROSS akan mulai dijual pada bulan Maret 2018. Mobil tidak masuk dalam segmen Low Cost and Green Car (LCGC) seperti dua model terdahulu. Datsun CROSS akan membuka pasar baru untuk pelanggan yang aspiratif.

  • 14:39

    Jumpa Pers Pimpinan Nissan-Datsun

    Setelah peluncuran, manajemen Nissan Global dan Datsun, yakni Jose Roman, Corporate Vice President, Global Head of Datsun, Yutaka Sanada, Regional Senior Vice President and Head of Nissan Asia & Oceania serta Eiichi Koito, President Director of PT Nissan Motor Indonesia menggelar jumpa pers mengenai bisnis dan produk Datsun CROSS yang baru diluncurkan.

    Suasana jumpa persSuasana jumpa pers Foto: Dadan Kuswaraharja
  • 14:30

    Intip Interior Datsun CROSS

    Datsun CROSS ditawarkan dengan transmisi CVT. Ini merupakan mobil Datsun pertama yang menggunakan transmisi otomatis. Sebelumnya, Datsun GO+ Panca dan Datsun GO Panca hanya hadir dengan transmisi manual.
    Interior Datsun CROSSInterior Datsun CROSS Foto: Dadan Kuswaraharja
    Interior mobil cukup untuk 5 orang dewasa dan ruang tambahan untuk bagasi atau anak-anak jika dibutuhkan pada baris ketiga. Interiornya bernuansa hitam-hitam.
  • 14:26

    Datsun CROSS Dikerubuti Wartawan

    Acara peluncuran sudah dilaksanakan, mobil Datsun CROSS langsung dikerubuti wartawan begitu manajemen inti PT Nissan Motor Indonesia turun dari panggung.

    Datsun CROSS Datsun CROSS Foto: Dadan Kuswaraharja
  • 14:20

    Datsun CROSS Dijual Mulai Rp 163 Juta

    Datsun akhirnya meluncurkan mobil ketiganya di Indonesia, Datsun Cross. Mobil yang melakoni debut global di Jakarta ini terbilang masih terjangkau dari segi harga untuk masyarakat Indonesia. Datsun tetap menawarkan mobil dengan harga terjangkau di Indonesia. Bahkan, Datsun Cross harganya masih di bawah Rp 200 juta.

    Presdir PT Nissan Motor Indonesia Eichii Koito Presdir PT Nissan Motor Indonesia Eichii Koito Foto: Rangga Rahardiansyah

    "Mobil ini bisa dibooking mulai hari ini dengan harga mulai Rp 163 juta," kata Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia, Eichii Koito.

    [Gambas:Video 20detik]

  • 14:11

    Bos Nissan Indonesia Umbar Keunggulan Datsun CROSS

    Bos Nissan Indonesia, Eiichi Koito mengumbar keunggulan Datsun CROSS. Mobil menggunakan mesin 1.200 cc, ground clearance mencapai 200 mm, body cladding yang kokoh dan under body skid plates untuk melewati beragam kondisi jalan.

    Datsun CROSSDatsun CROSS Foto: Rangga Rahardiansyah

    [Gambas:Video 20detik]

  • 13:52

    Ini Dia Datsun CROSS!

    [Gambas:Video 20detik]

    Ini dia mobil Datsun yang dinanti-nanti orang, Datsun CROSS, mobil crossover dengan transmisi CVT itu diperkenalkan oleh Eiichi Koito, President Director of PT Nissan Motor Indonesia di depan undangan.

    Menurut Koito mobil ini akan menjadi mobil termahal (flagship) dari Datsun. "Sebuah kendaraan harus multiguna dan nyaman. Ini adalah pemikiran yang menginspirasi dibuatnya Datsun CROSS. Dari awal kami membuat CROSS lebih dari sebuah alat transportasi, tapi partner dalam gaya hidup beragam. Nama CROSS merefleksikan 2 karakter yang bisa menembus batasan-batasan dalam kehidupan sehari-hari. Mobil ini siap untuk bertualang," ujarnya.

    Foto Rangga RahadiansyahFoto Rangga Rahadiansyah Foto: Dadan Kuswaraharja
  • 13:46

    Bos Datsun Ceritakan Sejarah Perusahaan

    Sambutan berikutnya datang dari Jose Roman, Corporate VP Nissan Motor yang juga merangkap sebagai Global Head Datsun. Menurut dia Datsun pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1960-an.

    Live Report: Debut Dunia Datsun CROSS di IndonesiaFoto: Dadan Kuswaraharja

    Dalam waktu setengah abad Datsun sudah menjadi merek Jepang yang dicintai di Indonesia. "Dalam waktu singkat kami telah membuka lapangan pekerjaan dan meluncurkan 5 model berbeda di 14 pasar. Kami memiliki lebih dari 300 ribu owner Datsun di Indonesia yang baru-baru ini bergabung secara global. Sepertiga konsumen kami di Indonesia. Indonesia memiliki peran vital dalam membentuk sejarah Datsun," ujarnya.

  • 13:40

    Sambutan Regional Senior Vice President and Head of Nissan Asia & Oceania Yutaka Sanada

    Regional Senior Vice President and Head of Nissan Asia & Oceania Yutaka Sanada membuka peluncuran dengan memberikan sambutan. Dalam sambutannya dia mengatakan Datsun selangkah lebih depan. "Kami berada di tempat yang tepat untuk memenuhi ekspektasi masyarakat Indonesia, kami akan terus memberikan produk yang tepat untuk masyarakat Indonesia," ujarnya.

    Live Report: Debut Dunia Datsun CROSS di IndonesiaFoto: Dadan Kuswaraharja

    Datsun saat ini memberikan kontribusi setengah dari penjualan Nissan di Indonesia.

  • 13:32

    Hadirin Memasuki Ruang Peluncuran

    Sekitar pukul 13.30, pintu menuju ruang peluncuran mobil mulai dibuka, undangan langsung memasuki ruangan.

    Live Report: Debut Dunia Datsun CROSS di IndonesiaFoto: Dadan Kuswaraharja
  • 13:16

    Manajemen Nissan Motor Indonesia Berpose Bersama

    Manajemen PT Nissan Motor Indonesia, salah satunya Vice President Director of Marketing and Sales PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Davy J Tuilan (paling kanan) berpose bersama menjelang peluncuran Datsun CROSS.

    Manajemen NMIManajemen NMI Foto: Dadan Kuswaraharja

    Saat ini undangan yang hadir masih menikmati makan siang bersama.

    Live Report: Debut Dunia Datsun CROSS di IndonesiaFoto: Dadan Kuswaraharja

    Seorang model berpose dengan logo atau tulisan Cross di lokasi peluncuranSeorang model berpose dengan logo atau tulisan Cross di lokasi peluncuran Foto: Dadan Kuswaraharja
  • 11:45

    Undangan Mulai Berdatangan

    Para undangan yang sebagian besar merupakan wartawan media nasional mulai berdatangan. Mereka langsung melakukan registrasi di meja yang sudah disediakan.

    Undangan peluncuran Datsun Cross mulai berdatanganUndangan peluncuran Datsun Cross mulai berdatangan Foto: Dadan Kuswaraharja
  • 11:37

    Crossover dan Mobil Matik Pertama Datsun

    Datsun CROSS merupakan generasi baru compact cross-over. Dengan desainnya yang stylish dan fitur-fitur canggih, Datsun CROSS akan menjadi partner yang sesuai untuk gaya hidup pengguna Datsun.

    Mobil menurut Datsun didesain khusus untuk Indonesia dan akan menciptakan segmen baru berkat desain crossover dan ground clearance-nya yang tinggi. Kata "CROSS" mendefinisikan karakter kendaraan ini, yang mendukung berbagai gaya hidup pemiliknya. Desain keseluruhan bodinya yang smart dan compact membuat Datsun CROSS bergerak lincah, layaknya seorang atlet profesional.

    Datsun CROSS menjadi mobil Datsun pertama yang mengusung transmisi matik Continuously Variable Transmission (CVT). "Datsun CROSS mengadopsi keunggulan teknologi canggih CVT Nissan. Dibandingkan dengan transmisi matik konvensional, CVT menawarkan pengalaman berkendara yang lebih halus, lebih nyaman dan lebih efisien," ujarnya.

    Transmisi Matik Datsun CROSSTransmisi Matik Datsun CROSS Foto: Pool (Datsun)

    CVT menghasilkan perpindahan gigi yang mulus dengan tingkat rasio persneling yang efektif; berbeda dengan transmisi otomatis konvensional yang menggunakan rasio gigi tetap. CVT memungkinkan mesin bekerja pada rentang kecepatan kendaraan yang paling efisien. Oleh karena itu, CVT menghasilkan proses berkendara yang halus, mudah dan efisien.

  • 11:07

    Suasana Jelang Kelahiran Datsun CROSS

    Berikut suasana menjelang peluncuran Datsun CROSS di sebuah mal di Jakarta. Sekitar 1 jam lagi, mobil akan mulai diluncurkan secara resmi di Indonesia. Saat ini petugas masih bersiap-siap. Dari bawah mal Anda bisa melihat back drop bertuliskan Datsun CROSS lengkap dengan tanda silang.

    Suasana menjelang peluncuran Datsun CROSSSuasana menjelang peluncuran Datsun CROSS Foto: Dadan Kuswaraharja

    [Gambas:Video 20detik]