Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 16 Januari 2018, 16:59 WIB

5 Teknologi Mobil yang Bakal Menjamur Tahun 2018

Dina Rayanti - detikOto
5 Teknologi Mobil yang Bakal Menjamur Tahun 2018 Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Industri otomotif setiap tahunnya mengalami perubahan. Tahun 2017 misalnya, isu yang paling santer di industri otomotif adalah soal diesel yang bakalan dilarang dalam beberapa tahun ke depan karena disebut-sebut menyumbang polusi udara yang cukup besar.

Meski begitu, pada tahun 2018, industri otomotif masih diprediksi akan terus mengalami kemajuan terutama dari sisi teknologi. Berikut lima teknologi mobil yang diprediksi bakalan menjamur tahun ini seperti diberitakan Car Keys, Selasa

1. Teknologi Otonom
Mobil tanpa sopirMobil tanpa sopir Foto: Volvo


Teknologi Otonom bisa dibilang bukan hal yang baru kita dengar. Sudah dikembangkan sejak beberapa tahun silam, teknologi otonom diprediksi bakalan lebih bersinar tahun ini seiring dengan beberapa pabrikan mobil yang mulai menyematkan teknologi tersebut pada mobil-mobil produksinya.

2. Layanan Darurat Lebih Canggih

Tak semua produsen mobil memberikan fasilitas pelayanan nomor satu ke pelanggannya. Biasanya fasilitas premium tersebut diberikan kepada pembeli mobil yang jenisnya premium juga. Namun ke depan layanan premium tersebut juga bakalan menjamur di industri otomotif.

Beberapa layanan itu antara lain seperti pencarian mesin ATM terdekat, atau bahkan mobil bisa mengirim laporan kalau pengendara tengah mengalami keadaan darurat seperti kecelakaan.

Layanan di mobil Volvo secara otomatis akan mendaftarkan mobil untuk servis ke bengkel dan mengirimkan mobil pengganti.

3. Sistem Digital di dalam Kabin

Tampilan mobil-mobil pada tahun 2018 akan semakin canggih lagi dengan adanya sistem digital yang memenuhi mobil. Mulai dari pengaturan mode berkendara, mesin, sensor kecepatan, AC semuanya dikontrol dengan sistem digital, tak lagi analog. Namun sistem-sitem digital yang ada pada mobil itu juga cukup berpengaruh terhadap harga mobil yang melonjak.

4. Mobil Listrik

Mobil listrikMobil listrik Foto: Istimewa/dok KIA via Newspress

Teknologi akan mobil ramah lingkungan seperti mobil listrik, mobil hybrid sudah mulai digaungkan di beberapa negara. Bahkan sudah ada yang telah menerapkan aturan agar mobil-mobil tersebut lebih laku di pasaran. Tahun ini pun kehadiran mobil-mobil itu akan semakin banyak lagi.

5. Mobil Saling Berbicara

5 Teknologi Mobil yang Bakal Menjamur Tahun 2018Foto: AN Uyung Pramudiarja


Vehicle to Vehicle (V2V) bisa dibilang juga bukan hal baru di industri mobil. Teknologi yang disebut mobil saling bicara ini bukan berarti mobil bisa ngobrol satu sama lain di jalan. Melainkan setiap mobil bisa berbagi soal informasi kemacetan jalan dan juga cuaca kepada mobil lainnya. Jika sistem V2V melihat ada sesuat yang buruk terjadi di jalanan, maka sistem secara otomatis langsung memberikan alternatif jalan agar si pengendara bisa sampai ke tempat tujuan dengan waktu tempuh lebih cepat.

Bukan hanya itu teknologi V2V juga diklaim bisa mencegah kecelakaan, memberikan informasi kapan harus servis, dan juga informasi lain seputar mobil.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed