Sabtu, 13 Jan 2018 17:21 WIB

Daihatsu Belum Ingin Permak Xenia

M Luthfi Andika - detikOto
Daihatsu Belum Ingin Permak Xenia Foto: Rangga Rahadiansyah Daihatsu Belum Ingin Permak Xenia Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Daihatsu pastikan belum ingin mengubah tampilan Xenia, dan memilih untuk lebih memfokuskan pada All New Terios dan Daihatsu Sirion terbaru yang baru akan diperkenalkan Februari 2018 besok. Hmm, apa alasannya ya?

Tentu ini menjadi keputusan berani mengingat persaingan LMPV di Indonesia tengah memanas, setelah kehadiran Wuling dan Mitsubishi Xpander. Seperti yang disampaikan Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, di Padang Sumatera Barat.

"Tahun ini baru itu saja, dua model saja (All New Terios dan Daihatsu Sirion. Daihatsu Xenia belum akan ada yang baru," kata Amelia.

Jika memang ini keputusan Daihatsu, sepertinya para pecinta Daihatsu harus lebih rela bersabar, untuk bisa mengendarai mobil konsep adiknya Xenia yang sudah diperlihatkan di GIIAS 2017 dan di Tokyo Motor Show 2017.

Kelahiran adik Daihatsu Xenia banyak dibicarakan dan ditunggu setelah diperkenalnya mobil konsep DN Multisix di Indonesia. Memang Daihatsu belum mengatakan kapan akan benar-benar memperkenalkan mobil konsep yang sudah diperlihatkan itu. Namun yang mengejutkan waktu di Tokyo Motor Show 2017 lalu, Daihatsu membocorkan hasil survei yang didapat Daihatsu. Mobil konsep DN Multisix yang akan masuk di segmen B-MPV ini dinilai terlalu besar.

"Itu juga kami survei dan hasilnya cukup menarik, B-MPV itu ternyata banyak masukan yang harus kita revisi dari desain yang kita tampilkan. Karena orang Indonesia menilai, mobilnya itu kok kependekan dan terlalu besar, bahkan ada yang mengatakan jika ukuran B-MPV ini banyak yang tidak bisa masuk ke garasi mereka," kata Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, seperti dilaporkan reporter detikOto M Luthfi Andika dari Tokyo, Sabtu (28/10/2017) tahun lalu.

Hal inilah yang membuat Daihatsu ingin melakukan survei kembali dengan menawarkan desain dan dimensi yang baru lagi, sebelum benar-benar memperkenalkan B-MPV terbaru Daihatsu yang disebut-sebut sebagai adik dari Daihatsu Xenia.

"Saya juga kaget, ternyata hasilnya surveinya agak berbeda dengan pendapat teman-teman. Sementara yang E-SUV lumayan bagus pendapat orang-orang, jadi kami selalu berdasarkan survei," tambahnya.

Jadi wajar ini membuat Daihatsu belum ingin memperkenalkan adiknya Xenia. Namun jika dilihat sepak terjang Daihatsu Xenia yang sudah merasakan aspal Indonesia sejak 2003, dan baru mendapat perubahan besar-besaran atau generasi kedua pada tahun 2011. Rasanya pantas untuk Daihatsu untuk segera mempertimbangkan lahirnya adik Xenia di Indonesia. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed