Jumat, 12 Jan 2018 12:38 WIB

Keren, Jepang Sedang Kembangkan Mobil Transformers

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Reuters Foto: Reuters
Tokyo - Negeri Sakura Jepang sudah identik dengan teknologinya yang canggih. Kini, Jepang dikabarkan tengah mengembangkan mobil yang dapat 'melipat diri' layaknya robot-robot di Mobile Suit Gundam atau Transformers. Dinamai Earth-1, mobil tersebut memiliki tenaga listrik dan dijual seharga 8 juta yen (£52.000) atau sekitar Rp 950 juta kalau dirupiahkan.

Dilaporkan The Sun, Jumat (18/1/2018), mobil yang masih menyandang gelar prototye tersebut dirancang oleh seniman animasi Mobile Suit Gundam langsung, Kunio Okawara. Bosan merancang berbagai desain robot, kapal, atau objek mekanik lainnya di dalam anime, Okawara ingin membuat mobil seperti Gundam ataupun Optimus Prime di Transformers versi nyata.

Menggandeng sebuah firma startup yang berbasis di Tokyo, Four Link Systems, ia berharap bahwa mobil rancangannya ini mampu tembus standarisasi dan dapat restu untuk beroperasi dijalanan. Karena, ternyata sudah cukup banyak yang memesan mobil unik ini loh, Otolovers.

Lantas bagaimana cara mengoperasikannya ya? Tidak menggunakan transmisi pada mobil biasanya, untuk mengendalikan Earth-1 para penggunanya akan disuguhkan sebuah joystick. Karena sampai saat ini belum ada mekanisme untuk melipat kerangka mobil, oleh karenanya Four Link harus mengembangkan mesin motor dan komponen khususnya sendiri.

Namun dibeberapa waktu kedepan, ia akan dipasang transmisi selayaknya mobil yang sudah beroperasi di jalanan. Keren tidak?

Tonton juga video lengkapnya di 20detik:

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed