Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 12 Januari 2018, 11:14 WIB

Daihatsu: Mitsubishi Xpander Bukan Saingan Xenia

M Luthfi Andika - detikOto
Daihatsu: Mitsubishi Xpander Bukan Saingan Xenia Foto: Ruly Kurniawan
Padang - Industri otomotif Indonesia memang masih didominasi dengan besarnya permintaan Multi Purpose Vehicle, sehingga wajar jika banyak pabrikan otomotif ingin bermain di dalamnya. Daihatsu sebagai pabrikan yang telah lebih dahulu bermain di dalamnya menyambut baik hal ini, karena akan semakin banyak pilihan bagi konsumen.

Kehadiran dua pemain baru di seperti Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander pun tak diambil pusing oleh Daihatsu karena dianggap bukan saingannya.

"Pasar mobil baru itu tergantung brand-nya. Seperti Mitsubishi Xpander itu bagus (penjualannya-Red), Wuling baru 1.000-an," kata Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra.


"Mitsubishi Xpander itu sebenarnya bukan saingan kita (dengan Daihatsu Xenia). Terbukti Xenia masih nomor dua, memang tahun ini Mitsubishi Xpander akan lebih terbuka. Tapi konsumennya berbeda. Daihatsu Xenia itu lebih ke konsumen yang membutuhkan kendaraan operasional kantor dan pribadi, buat usaha, atau untuk yang berjualan yang membutuhkan konsumsi bahan bakarnya irit. Mitsubishi Xpander itu kelasnya berbeda, dari segi harga saja Mitsubishi Xpander itu lebih mahal mereka. Jadi siapapun yang mau main silahkan," tambahnya.


Meski demikian, Amel menilai, persaingan MPV akan semakin keras karena memang pasar belum berkembang.

"Multi Purpose Vehicle (MPV) masih akan dominan. Karena kendaraan idaman Indonesia itu MPV. Meski memang SUV (Sport Utility Vehicle) di dunia lagi naik, Tapi pasarnya hanya segitu, namun pembeli (konsumen) lebih banyak pilihan. Ini kan kue-nya (pasar-nya) akan terbagi. Karena pasarnya sendiri tidak akan besar," kata Amel.

(lth/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed