Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 11 Januari 2018, 15:40 WIB

Mobil Warna Hitam Haram Melintas di Sini

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Warna Hitam Haram Melintas di Sini Mobil berwarna hitam. Foto: Dina Rayanti
Ashgabat - Warna mobil biasanya menjadi salah satu pertimbangan seseorang ketika hendak membeli mobil. Tapi tidak di Turkmenistan. Di sana, warna mobil bukan ditentukan si pemiliknya melainkan oleh Presiden.

Jika sebelumnya ia pernah mengeluarkan aturan untuk menyetop impor mobil yang berwarna hitam pada 2015 silam, awal tahun 2018, Presiden Turkmenistan Kurbanguly Berdymukhamedov, justru melarang seluruh mobil berwarna hitam melintas.

Melansir Chronicles of Turkmenistan, Rabu (11/1/2018), awal tahun ini banyak pemilik mobil yang harus rela kehilangan mobilnya karena warnanya yang hitam. Mobil berwarna hitam ditarik oleh pihak kepolisian setempat.

Untuk menebusnya kembali, si pemilik mobil harus menandatangani perjanjian bahwa ia siap mengecat mobilnya dengan warna yang lebih terang. Warna putih paling disarankan karena dianggap bisa membawa keberuntungan untuk negara tersebut.

Selain itu warna putih juga disebut sebagai warna favorit Kurbaguly yang percaya akan takhayul.

Aturan ini membuat bengkel pengecatan mobil kecipratan untung. Harga mengecat mobil di sana naik dua kali lipat karena adanya aturan baru ini. Jika sekarang biaya mengecat mobil dikenakan US$ 500 atau setara dengan Rp 6,7 jutaan maka sekarang biayanya melonjak menjadi US$ 1.000 yang kalau dirupiahkan sekitar Rp 13,4 juta. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed