Senin, 08 Jan 2018 14:31 WIB

Mobil Tanpa Sopir

Mobil Robot Toyota Kian Canggih

Muhammad Idris - detikOto
Foto: Response Foto: Response
Las Vegas - Mobil tanpa sopir alias mobil robot Toyota bakal kian canggih. Toyota berencana memamerkan prototipe mobil tanpa supir (otonom) terbarunya dalam CES (Consumer Electronic Show) 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat. Kendaraan tanpa sopir yang dijuluki Platform 3.0 ini dibangun dari mobil dasar Lexus LS 600hl.

"Tim kami dengan cepat mengembangkan kemampuan penelitian mobil otonom. Untuk meningkatkan platform ke level baru, kami memanfaatkan keahlian desain dan teknik untuk menciptakan benchmark baru dalam fungsi dan style," kata CEO Toyota Research Institute (TRI) Gill Patt.

Platform 3.0 dikembangkan dengan teknologi sensor dan performa yang lebih tinggi dalam mengenali kondisi di sekitar mobil. Sensor yang dipasang di mobil ini membuatnya disebut-sebut jadi mobil otonom paling sensitif mengenali situasi saat di jalan raya.

Teknologi sistem Luminar LIDAR yang sensornya bisa menjangkau 200 meter ke depan, kini sudah dikembangkan lagi sehingga bisa mengenali dari segala arah atau 360 derajat.

Hal ini membuatnya bisa mendeteksi benda-benda di sekitar mobil, bahkan benda gelap yang sulit terlihat sekalipun. Termasuk benda berukuran kecil seperti puing ataupun anak-anak yang mungkin lewat di jalan raya.

Platform 3.0 akan mulai diproduksi pada musim semi ini. Platform ini akan dibuat di Prototype Development Center at TMNA R&D di York Township, Michigan. Produksi awal akan sedikit agar tim bisa secara fleksibel melakukan pengembangan. (idr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed