Senin, 08 Jan 2018 10:27 WIB

Bikin Teknologi Mobil Terhubung, Honda Gandeng Alibaba

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Honda Mobil Foto: Ari Saputra Honda Mobil Foto: Ari Saputra
Jakarta - Honda berkolaborasi dengan konglomerat China, Alibaba Group Holding untuk mengembangkan layanan mobil terhubung (conected cars). Ini merupakan strategi Honda untuk menjawab tantangan di dunia otomotif saat ini.

Diberitakan Paultan dari Nikkei, kedua perusahaan itu berencana mengembangkan layanan yang memungkinkan pengemudi melakukan reservasi menggunakan peta AutoNavi dan membayar lewat platform pembarayaran online Alibaba, Alipay. Diberitakan, layanan terbaru ini memungkinkan sopir melakukan pembayaran parkir atau bahan bakar dengan mudah.

Untuk diketahui, mobil terhubung atau conecter cars adalah mobil yang dilengkapi dengan akses internet dan memungkinkan perangkat cerdas lainnya untuk membagikan sumber yang sama dari konektivitas online. Menurut laporan, mobil terhubung membutuhkan teknologi yang sama dengan ponsel pintar, seperti platform pembayaran dan artificial intelligence.

Pengembangan mobil terhubung bukan hanya dilakukan oleh Honda di China. Beberapa pabrikan turut menggandeng perusahaan IT untuk membantu nyemplung ke dunia otomotif yang lebih cerdas.

Perusahaan IT kini juga bermain peran besar di dunia otomotif. Utamanya untuk mengembangkan teknologi mobil tanpa sopir dan pengembangan teknologi mobil cerdas lainnya.

(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed