Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 21 Desember 2017, 18:12 WIB

Pakai Avanza dkk, Angkot Takkan Ngetem dan Kejar Setoran Lagi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pakai Avanza dkk, Angkot Takkan Ngetem dan Kejar Setoran Lagi Pakai Avanza dkk, Angkot Takkan Ngetem dan Kejar Setoran Lagi Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Angkutan kota (angkot) di Jakarta akan berubah. Secara bertahap mulai tahun depan, angkot akan menggunakan mobil small MPV seperti Avanza Transmover dan Wuling Confero.

Ke depan, sesuai program Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, angkot Avanza itu akan terintegrasi dengan bus TransJakarta. Itu akan masuk dalam program Ok Otrip. Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan menjanjikan angkot tak ada lagi yang ngetem dan ugal-ugalan kejar setoran.

"Karena kaitannya itu kalau sudah terintegrasi dengan TransJakarta, di program OK Otrip, pengusahanya dibayar rupiah per kilometer. Jadi sopir tidak perlu kejar-kejar setoran. Nah sehingga masyarakat juga tidak kayak ikan asin dijejal-jejalin," kata Shafruhan kepada detikOto, Kamis (21/12/2017).

Artinya, Organda ingin mengubah mindset pengusa angkutan umum bagaimana meningkatkan kualitas layanan. Jadi, pengusaha angkutan umum tak memerlukan seberapa banyak penumpang yang naik angkutan untuk mendapatkan pemasukan.

"Bahwa yang dikejar saat ini adalah kualitas layanan, bukan kuantitas lagi. Kalau dulu kan kuanitas tuh. Ini harus diubah. Toh, kondisi angkutan sekarang penumpangnya 3, 4, 5 orang. Dulu terpaksa tungguin, ngetem. Sekarang kan nggak perlu ngetem. Yang paling penting masyarakat membutuhkan angkutan, nggak lama dia nunggu dapat angkutan dan langsung jalan," jelas Shafruhan.

"Saya sudah canangkan dari tahun lalu bahwa harus mengubah mindset sebagai pengusaha angkutan kalau mau tetap bisnis di transportasi. Karena transportasi ini kan bisnis layanan, kalau kualitas layanan kita jelek, ditinggalin sama penumpang. Karena alternatif sekarang sudah banyak banget," ucapnya.

Pengusaha angkutan umum, kata Shafruhan, pun sudah siap menerapkan itu. Mereka yang cocok di bisnis transportasi siap memperbaiki kualitas layanan. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed