Kamis, 21 Des 2017 10:44 WIB

Punya Lahan Cukup, Suzuki Belum Siap Bangun Pabrik Lagi

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Pabrik Suzuki Cikarang. Foto: File detikOto Pabrik Suzuki Cikarang. Foto: File detikOto
Jakarta - Suzuki Indonesia saat ini telah memiliki empat pabrik. Satu pabrik produksi mesin dan transmisi, dua pabrik untuk memproduksi mobil, dan satu pabrik untuk memproduksi motor. Lantas apakah mau tambah pabrik lagi, Suzuki?

Disampaikan General Manager Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Uchiki Ryohei, mungkin untuk saat ini belum, tapi tidak menutup kemungkinan Suzuki membangun pabrik lagi di Indonesia. Sebab, di dekat pabriknya yang di Cikarang, Suzuki masih punya tanah kosong yang luas.



"Untuk sekarang belum ada, tapi ke depannya kami pasti akan tambah pabrik baru, karena masih ada tanah yang kosong 130 hektar di Cikarang," ujarnya saat berkunjung ke markas detikOto, di Mampang, Jakarta.

Sementara itu, meski dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) hampir satu juta unit mobil terjual pada periode Januari hingga November 2017, tepatnya 994.436 unit, angka tersebut dirasa belum cukup untuk Suzuki membangun pabrik baru.



Menurutnya, jika penjualan mobil di Indonesia sudah bisa menyamai atau setidaknya mendekati penjualan mobil seperti di China, tentu Suzuki tidak segan untuk bangun pabrik lagi di Indonesia.

"Bangun pabrik tergantung pasar di Indonesia. Kalau satu juta unit per tahun menurut saya masih kurang. Kalau di China itu 18 jutaan unit per tahun," kata Uchiki.



Suzuki sendiri saat ini mempunyai empat pabrik di Indonesia. Pabrik perakitan mesin dan transmisi di Cakung Plant yang terletak di Jl. Raya Penggilingan, Jakarta Timur, lalu ada Tambun Plant 1 yang memproduksi motor dan Tambun Plant 2 yang memproduksi mobil di Jl. Raya Diponegoro Km, 38,2 Tambun-Bekasi, Jawa Barat, serta pabrik paling baru Suzuki di Cikarang. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed