Jumat, 15 Des 2017 16:29 WIB

Kapan Regulasi Kendaraan Listrik Rampung?

Ruly Kurniawan - detikOto
Kapan Regulasi Kendaraan Listrik Rampung? Foto: Agung Pambudhy Kapan Regulasi Kendaraan Listrik Rampung? Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemerintah digadang-gadangkan sedang mempercepat regulasi terkait kendaraan listrik. Hal yang dibahas tentunya terkait pajak yang bisa membuat harga jual kendaraan tak beremisi lebih murah. Lantas, kapan regulasi itu rampung ya?

Kepala Biro Perencanaan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM) Agus Cahyono Adi, memaparkan pemerintah terus berusaha untuk lebih mempercepat lahirnya regulasi mobil ramah lingkungan. Sayangnya, ia masih enggan untuk mengungkapkan secara pasti kapan regulasi itu dikeluarkan.

"Perpres ini perintah dari Presiden, sudah kita siapkan dan nanti kita kembalikan. Sudah sampai inter-dept. Enggak berani mendahului saya. Judulnya saja perpres percepatan (aturan mobil ramah lingkungan-Red)," tuturnya di Jakarta.

"Sudah beberapa kali inter-dept. Segera kita kembalikan ke Setneg. Segera. Enggak bisa ngomong saya," tambah Agus.

Namun sebagai bocoran, dalam regulasi tersebut dikatakan akan berlaku pembebasan Pajak Penjualan Akan Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan listrik. Maka, kendaraan tersebut akan sangat bersaing dengan yang berbahan bakar (konvensional).

"Perpres ini suatu pengaturan payung nanti pengaturan lebih lanjut, juknisnya, ada di setiap departemen. Di sana akan ada pembahasan mengenai insentif fiskal dan non-fiskal," ujar Agus.

"Untuk bagian Fiskal yakni mensiapkan segala sesuatu agar benar-benar siap. Bea masuk dikurangi. Fiskal satu lagi adalah pembebasan PPnBM (untuk kendaraan listrik. Sedangkan yang non-fiskal itu terkait penyiapan SPLU-nya," tutupnya. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed