Jumat, 15 Des 2017 09:43 WIB

Ini Dia Mesin Cuci Mobil Terkecil

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ini Dia Mesin Cuci Mobil Terkecil (Foto: Pool (Nissan) Ini Dia Mesin Cuci Mobil Terkecil (Foto: Pool (Nissan)
Jakarta - Alat cuci mobil robotik biasanya berukuran besar. Mobil tinggal masuk ke fasilitas cuci mobil robotik dan secara otomatis akan dibersihkan sampai kinclong.

Tapi, di Pusat Teknikal Nissan di Michigan, Amerika Serikat, ada sebuah alat cuci mobil robotik yang ukurannya kecil, seukuran mesin pembuatan jagung berondong (popcorn). Alat itu sebenarnya bukan alat untuk mencuci mobil dengan ukuran sesungguhnya.

Tertulis dalam siaran pers Nissan, mesin pencuci mobil ini adalah alat khusus untuk menguji ketahanan cat mobil. Bukan mobil asli yang diuji, melainkan minatur mobil dengan cat seperti mobil berukuran sesungguhnya.

Alat ini dilengkapi dengan sikat berputar yang memiliki bulu biru. Berkat alat ini, insinyur memungkinkan untuk menguji sampel cat demi memastikan cat eksterior mobil Nissan tahan terhadap benda kasar saat dicuci.

Jauh sebelum mobil Nissan beredar di pasaran, para insinyur telah memastikan bahwa setiap warna cat eksterior tetap terlihat bagus. Bahkan, jika mobil dibawa ke cuci mobil robotik yang keras sekalipun.

Untuk meniru alat pencucian mobil robotik, alat ini bisa memutar sikat sekitar 180 rpm. Sehingga, bulu-bulunya tersebut menyikat mobil dengan keras.

(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed