Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 13 Desember 2017, 18:11 WIB

Jika Tak Disarankan, Pakai BBM Oktan Tinggi Justru Lebih Boros

Dina Rayanti - detikOto
Jika Tak Disarankan, Pakai BBM Oktan Tinggi Justru Lebih Boros Jika Tak Disarankan, Pakai BBM Oktan Tinggi Justru Lebih Boros Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Tren mobil zaman now bisa dibilang banyak yang mengusung mesin berkapasitas kecil, namun agar tetap bertenaga disematkan fitur turbo. Supaya performa mesin prima, beberapa dari mobil-mobil tersebut disarankan menggunakan BBM oktan tinggi.

Namun satu studi yang dilakukan AAA dilansir Carscoops, Rabu (13/12/2017), tak ada manfaatnya mengisi bensin dengan oktan tinggi kalau yang oktan rendah sudah cukup.

Memang ada beberapa mobil yang disarankan menggunakan BBM dengan oktan yang paling tinggi namun tidak semua mobil. Menggunakan bensin beroktan tinggi padahal tidak terlalu disarankan digunakan pada mobil biasa saja karena justru malah lebih boros.

Studi tersebut dilakukan AAA dengan mengetes beberapa model yang memang disarankan menggunakan BBM oktan tinggi. Hasilnya mobil-mobil tersebut menghasilkan kenaikan rata-rata penggunaan BBM 2,7 persen.

Tetapi, jika bicara soal tenaga, BBM beroktan tinggi terbukti ampuh karena bisa menaikkan tenaga mobil rata-rata 1,4 persen jika dibandingkan menggunakan mobil beroktan lebih rendah.

Tentunya semakin tinggi kualitas BBM, harga jualnya pun semakin tinggi jika dibanding BBM yang biasa saja sehingga biaya yang harus dikeluarkan konsumen pun lebih tinggi. Mengisi bensin 70 liter dengan kualitas yang paling tinggi bisa berbeda sekitar US$ 10 atau setara dengan Rp 135 ribuan. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed