Rabu, 13 Des 2017 14:24 WIB

Kapan Avanza Terbaru Meluncur?

Ruly Kurniawan - detikOto
Grand New Avanza. Foto: agung pambudhy Grand New Avanza. Foto: agung pambudhy
Jakarta - Setelah beberapa bulan meluncur, euforia Xpander belum lekas hilang. Beberapa produsen pun mulai mengatur strategi untuk menghadapinya. Namun PT Toyota Astra Motor (TAM) masih tenang menghadapinya karena menurutnya, hingga hampir di ujung tahun 2017 Avanza masih berada di atas.

Dipaparkan Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, Avanza 1.3 transmisi manual merupakan tipe terlaris di Avanza karena mobil dibeli secara borongan (fleet) yang diperuntukkan sebagai rental dan sebagainya, cukup berbeda dengan segmentasi Xpander yang mengkhususkan diri berada di mobil stylish dengan sasaran perorangan.



"Dari awal saya sudah ngomong saat Xpander keluar, itu akan mengisi segmen customer yang butuh stylish model, kayak Mobilio pertama kali," kata Soerjo.

"Untuk masuk ke sana, kita masih lakukan studi apakah memang diperlukan (Avanza jadi stylish). Kenapa? Karena segmen tersebut sudah dimasukkan dua merek kan yaitu Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander. Nah kita lagi studi apakah kita perlu untuk masuk ke segmen tersebut?" tambahnya.



"Oleh karena itu kita luncurkan Rush terbaru dengan tujuh penumpang dan stylish. Nah kita lihat nih, kalau Rush bisa track customer stylish, mungkin kita akan develop (Avanza baru). Tapi kita tidak akan meninggalkan segmen yang kita punya sekarang 1.3 G MT (Avanza) yang paling kuat dan komposisinya paling besar 49 persen," masih kata Soerjo.

Pada kesempatan itu pula, ia pun menjelaskan untuk produk development memerlukan banyak waktu. Sekiranya 3-5 tahun. Jadi, sudah dapat gambaran kan Otolovers kapan Avanza terbaru akan meluncur?



"Kalau produk development itu 3-5 tahun. Rush aja 10 tahun baru kita ganti baru. Tak bisa sembarangan," tutup Soerjo. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 20:43 WIB
    Produsen mobil mewah Jerman, Audi, menunjuk Abraham Schot sebagai pengganti CEO Rupert Stadler yang ditahan oleh Kejaksaan Munich.
  • Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Selasa, 19 Jun 2018 19:18 WIB
    Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, menjadi pahlawan buat Inggris. Bicara soal mobil, si kapten rupanya suka mobil keluarga, atau mobil SUV.
  • Kursi Bambu Pemudik Motor

    Kursi Bambu Pemudik Motor

    Selasa, 19 Jun 2018 17:19 WIB
    Meski tidak disarankan, pemudik masih banyak yang menggunakan motor. Agar lebih nyaman mudik, mereka memodifikasi motornya.
  • Skandal Dieselgate, Bos Audi Ditahan

    Skandal Dieselgate, Bos Audi Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 15:21 WIB
    Otoritas Jerman menahan bos produsen mobil mewah Audi, Rupert Stadler, dalam kasus skandal emisi mobil diesel yang dikenal dengan dieselgate
  • Intip Suzuki Jimny Model Anyar

    Intip Suzuki Jimny Model Anyar

    Selasa, 19 Jun 2018 13:58 WIB
    Setelah beredar foto-foto spyshotnya, Suzuki mulai merilis gambar Jimny model baru. Mobil offroad legendaris itu akan diluncurkan di Jepang bulan depan.
  • Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Selasa, 19 Jun 2018 13:02 WIB
    Mulai Rabu (20/6/2018), tarif tol JORR baik jarak jauh maupun dekat akan dikenakan tarif yang sama. Tarif tol akan naik menjadi Rp 15.000 untuk golongan I.