Rabu, 13 Des 2017 09:57 WIB

Mobil Listrik BMW Belum Memungkinkan Dirakit di Indonesia

Khairul Imam Ghozali - detikOto
BMW i8. Foto: Hasan Al Habshy BMW i8. Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Produsen mobil asal Jerman, BMW, saat ini punya dua produk mobil listrik dan plug-in hybrid (PHEV) yakni BMW i8 dan i3. Baru BMW i8 yang masuk ke pasar Indonesia dan masih didatangkan secara CBU. Lantas apakah mungkin merakit i8 secara lokal, BMW?

Dalam hal ini Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia, Jodie O'Tania, mengatakan untuk saat ini masih tidak memungkinkan untuk merakit model tersebut di Indonesia.



"Masih sangat sulit untuk melakukan perakitan di Indonesia, karena untuk i3 dan i8 dari hulu ke hilir sudah menggunakan sustainability concept, jadi memang sudah menggunakan tenaga angin, dan semua parts-nya itu bisa di daur ulang, jadi memang masih sangat sulit," ujarnya kepada wartawan, di Tebet, Jakarta.

Sampai saat ini saja perakitan i3 dan i8 hanya dilakukan di satu tempat yakni di negara asalnya Jerman, tepatnya di Leipzig. Jadi hal tersebut, lanjut Jodie, membuktikan bahwa memang BMW i3 dan i8 untuk saat ini tidak mungkin dirakit lokal.



"Di Jerman sendiri hanya satu lokasi, itu kalau bicara i3 dan i8, tapi kalau BMW i Performance di mana teknologi BMW i diturunkan dan dikombinasikan dengan kendaraan BMW yang biasa itu sangat memungkinkan untuk dilakukan di Indonesia, sangat mudah," tuturnya.

Kemungkinan model BMW i Performace mudah dirakit lokal dibuktikan dengan enam model yang diluncurkan oleh BMW, dan enam model tersebut dirakit lokal yakni 3 series, 5 series, 7 series, X1, X3, dan X5.



"Enam kendaraan BMW yang sangat diterima konsumen Indonesia. Dan apabila kita mau merakit kendaraan i Performance itu masalahnya adalah kita menambahkan baterai dan motor listrik, kita sebutannya plug-in hybrid, karena tadi bisa dilihat secara langsung bisa dicolok langsung ke soket listrik," lanjut Jodie. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com