ADVERTISEMENT

Ini Biaya Perawatan Mobil Listrik, Cukup Mahal Juga Ternyata

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 12 Des 2017 14:05 WIB
Tesla Model S (Foto: Rangga Rahadiansyah)
Los Angeles - Harga mobil listrik saat ini bisa dibilang masih tinggi. Begitupun dengan biaya perawatannya nih Otolovers. Merek mobil Tesla misalnya dalam sebuah analisis yang dibuat oleh penulis Seeking Alpha A, butuh biaya hingga US$ 2.000 atau setara Rp 27 jutaan per tahun untuk merawat Tesla Model S atau Model X.

Seperti dilansir Carscoops, Selasa (12/12/2017) analisis tersebut dibuat berdasarkan data dari Tesla mulai dari berapa unit Tesla yang dikirim setiap kuartal, dan juga estimasi seberapa sering mobil Tesla digunakan.

Angka tersebut bukan sembarangan melainkan berdasarkan data dari pendapatan Tesla. Tahun 2016 misalnya pendapatan Tesla dari biaya perawatan mobil mencapai US$ 178 juta atau setara dengan Rp 2,4 triliun.

Rata-rata satu mobil Tesla per bulannya harus menghabiskan US$ 107 yang sama dengan Rp 1,4 juta.



Mobil listrik memang saat ini sudah mulai fokus dikembangkan di beberapa negara. Termasuk Indonesia salah satunya yang mencanangkan mobil listrik bisa berkeliaran di jalanan Tanah Air mulai 2025.

Namun saat ini yang masih menjadi kendala utamanya adalah sistem pengisian listrik umum belum memadai dari segi jumlah. (dry/ddn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT