Jumat, 08 Des 2017 16:34 WIB

Apa Kabar Mobil Pedesaan?

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Dok. Kementerian Perindustrian Foto: Dok. Kementerian Perindustrian
Jakarta - Apa kabar mobil pedesaan? Rasanya pantas jika pertanyaan itu ditanyakan pencinta otomotif di Indonesia. Karena memang mobil ini sempat dijanjikan akan diperkenal pada 17 Agustus 2017, namun menjelang akhir tahun mobil pedesaan tidak kunjung tiba.

Tentu, jika banyak pihak yang mengatakan mobil pedesaan tertunda tidak salah melihat keadaan demikian. Tapi rasanya tidak adil jika banyak yang mengklaim demikian, tanpa melihat sisi lainnya. Terlebih mobil prototipe ini sudah diperlihatkan langsung kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Seperti yang disampaikan Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI) I Made Dana Tangkas kepada detikOto, mobil pedesaan masih dalam rencana.

"Apa kabar mobil pedesaan? Tetap dalam progress, karena ini sudah menjadi program Kemenperin dan didukung oleh Presiden Jokowi. Jika ada yang mengatakan mobil pedesaan agak tertunda. Ini melihatnya dari mana? Kalau dari rencana pemasaran, tentunya kita tetap jalan untuk produksi massal, kalau melihat dari Agustus 2017 (rencana untuk bisa memperkenalkannya-Red). Kita saat itu belum memperkenalkannya, karena bentrok dengan acara dari Kementerian Perindustrian. Sehingga prototipe mobil pedesaan Kiat Mahesa Nusantara baru bisa kita tunjukkan ke Pak Presiden, itu di bengkel Kiat Motor di Klaten pada bulan September 2017," ujarnya.


IOI sempat menggelar lomba desain mobil pedesaan yang diikuti oleh akademisi dari berbagai kampus di Indonesia. Made pun memastikan, mobil pedesaan akan diperkenalkan di Indonesia. Akan tetapi persiapan yang matang menjadi hal utama.

"Tetap dalam rencana, karena ini juga bisa melibatkan komponen anak bangsa untuk berkarya, mempersiapkan komponen dari hulu-hilir, suplier nanti dari Indonesia, nanti juga ada karoseri-nya. Selain itu nanti ada diler, bengkel, dan kita juga akan bekerjasama dengan Alat Mesin Pertanian. semuanya masih berjalan," katanya. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed