Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 08 Desember 2017, 09:18 WIB

Startup Malaysia Mulai Bikin Mobil Tanpa Sopir

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Startup Malaysia Mulai Bikin Mobil Tanpa Sopir Foto: Screen shot YouTube
Kuala Lumpur -

[Gambas:Youtube]

Mobil otonom tanpa sopir tak hanya dikembangkan pabrikan raksasa. Bahkan, perusahaan rintisan dari Malaysia pun sudah mulai mengembangkan teknologi serupa.

Diberitakan Paultan, Jumat (8/12/2017), Reka Studios, perusahaan startup dari Malaysia yang berkecimpung di bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) saat ini dalam tahap awal mengembangkan teknologi kendaraan tanpa sopir. Tahap awal, mereka mengembangkan foklift tanpa sopir untuk digunakan di pabrik.

Reka sejak september 2016 sudah mulai mengembangkan teknologi tanpa sopir. Hasil karya mereka sudah menjalani serangkaian tes dan demonstrasi di acara dan pameran.

CEO Reka Studios Muhammad Haziq Faris Hasnol, menjelaskan semuanya berawal dari sebuah chip elektronik yang mereka produksi. Chip itu diberi nama Reka Innovation Gear (RIG).

"Seperti kebanyakan mobil tanpa sopir yang ada saat ini, sistem yang kami kembangkan ada di kategori mengemudi otonom level 3," katanya. Teknologi mobil otonom kelas 3 memungkinkan mobil bergerak sendiri dengan manusia harus tetap mengawasi kemudi.

Mobil otonom yang dikembangkan Reka mampu berlari anara 60-80 km/jam. Untuk berbelok di persimpangan, mobil itu menempuh kecepatan 20-30 km/jam. Jarak pengereman minimal 5-10 meter.

Saat ini, Reka menguji dua unit Proton Perdana berperangkat otonom yang dipinjamkan oleh Majlis Amanah Rakyat (MARA) dan Nano Malaysia. Mobil itu sudah sering jalan-jalan untuk demo publik. Mobil sudah dilengkapi dengan kamera, sensor radar dan laser. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +