Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 07 Desember 2017, 16:31 WIB

Seberapa Gawat Polusi Akibat Kendaraan Saat Ini?

Ruly Kurniawan - detikOto
Seberapa Gawat Polusi Akibat Kendaraan Saat Ini? Polusi udara dari asap kendaraan. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kendaraan rendah emisi seperti hybrid atau listrik sedang digencarkan pemakaiannya. Hal tersebut dikarenakan emisi CO2 di dunia meningkat tajam sehingga salah satu upaya menguranginya ialah dengan mengalihkan penggunaan kendaraan dari yang menggunakan bahan bakar fosil ke kendaraan rendah emisi.

Memangnya seberapa gawat dan daruratnya sih hal tersebut? Laporan yang dilansir Carscoops menyebutkan, di Amerika Serikat sendiri gas emisi CO2 yang berasal dari kendaraan bermotor kini lebih banyak daripada teknologi pembangkit listrik (polusi dari cerobong gas buang boiler). Konsumsinya sekitar 1,8 miliar metrik ton CO2 per tahun.

Padahal, bila melihat 40 tahun ke belakang kontribusi terbesar dari gas emisi CO2 tersebut masih berasal dari teknologi pembangkit listrik. Berangkat dari situ, tampaknya peralihan dengan menggunakan kendaraan rendah emisi (hybrid ataupun listrik) secara massal sangat perlu dilakukan.

Meskipun penelitian tersebut tidak mencantumkan polusi tersebut di beberapa negara berkembang seperti Indonesia, tapi sepertinya kita pun perlu untuk melakukan hal yang sama, mengingat perkembangan perindustrian di Indonesia cukup besar. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +