Rabu, 06 Des 2017 07:32 WIB

1 Dekade di Indonesia, Ini Harapan dan Capaian Lexus

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Salah satu merek mobil premium di Indonesia, Lexus, sudah berkiprah selama 10 tahun di Indonesia. Lexus berharap merek mereka bisa menjadi inspirasi.

Dijelaskan General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja, dalam kurun waktu tersebut Lexus punya beberapa harapan. Pertama menjadi inspirasi bagi pelaku otomotif roda empat lainnya.

"10 tahun harapannya sih kita terus menjadi brand yang mengaspirasi. Brand yang bisa memberikan inspirasi buat global automotive industry, dan pasti local industry," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Dan menurut Adrian harapan tersebut tidak mudah begitu saja dibentuk. Bahkan lebih sulit dari pada mencapai target atau meningkatkan penjualan.

"Kalau cuma brand yang mau mencapai sebuah target misalnya penjualan, menurut saya lebih mudah. Kontennya gampang dicapailah, kita tinggal bikin program sales yang benar-benar menarik, atraktif gitu yah. Tapi kalau mau menjadi brand yang bisa mengaspirasi brand yang lain itu mesti dimulai dari satu budaya dulu," tuturnya.

Budaya yang dimaksud Adrian adalah perilaku seseorang. Artinya, untuk menjadi brand yang menginspirasi harus menumbuhkan perilaku yang baik dari Lexus sendiri.

"Itu budaya internalnya sendiri mesti dibangun, kalau ngomong budaya itu berarti ngomong perilaku orang-orang, nilai-nilai orang-orang, jadi orang kita harus ter brainwash dengan baik," katanya.

Menumbuhkan perilaku yang baik tersebut lanjut Adrian terbagi dalam beberapa unsur, yakni melayani dengan hati, semangat, dan ketulusan.

"Mobil mewah kalau sekali orang ada yang pernah merasa dibohongin itu agak sulit, bangunnya lagi sulit, karena marketnya kan tidak besar. Jadi ketulusan dan intergrity itu sudah jadi sebuah hal yang harus nggak bisa ditawar-tawar," ungkapnya.

"Lalu kalau kita mau jadi inspirasi, orang itu harus dengan passion, nggak bisa cuma dengan mau yang penting masuk kerja di gaji, nggak itu tapi dengan passion. Nah disitulah kita bangun brand kita, dari budaya internal dulu," tutup Adrian.

Selain harapan, Lexus juga beberapa kali mendapat penghargaan dari Lexus pusat yakni pada 2009 mendapat penghargaan sebagai model untuk praktik bisnis, lalu 2014 Lexus Indonesia berhasil menyabet The Best Customer Satisfaction se-Asia Pasifik.

"Dan 2017 dapat penghargaan langsung dari Presidennya Lexus di dunia, Akio Toyoda, amazing katanya sampai dia tulis sendiri pakai tangan dia, bisa dilihat di Lexus gallery, atau buka Facebook-nya Toyota President Office namanya, sekitar Maret dia posting itu, seluruh dunia lihat sampai diliput negara lain," tutup Adrian. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed