Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 05 Desember 2017, 12:35 WIB

Lebih Hemat, Saatnya Beralih ke Mobil Listrik

Dina Rayanti - detikOto
Lebih Hemat, Saatnya Beralih ke Mobil Listrik Foto: Mindra Purnomo
Texas - Kehadiran mobil listrik saat ini masih jadi dilema. Walaupun memiliki banderol harga lebih tinggi namun ada yang bilang biaya operasionalnya bisa lebih murah dari mobil bermesin bensin.

Hal itu terungkap dalam sebuah studi yang baru dilakukan dan dipublikasikan dalam jurnal Applied Energy. Pada jurnal tersebut dijelaskan dalam waktu empat tahun ke depan biaya kepemilikan mobil listrik lebih murah jika dibandingkan mobil mesin konvensional setidaknya di daerah-daerah seperti Texas, California, dan Inggris seperti dikuitp Technology Review, Selasa (5/11/2017).

Biaya-biaya yang dimasukkan dalam perhitungan itu antara lain harga beli mobil dan penurunan harga, bensin, perawatan kemudian dianalisis perhitungannya. Di Inggris misalnya, punya mobil listrik si pemilik bisa lebih hemat 10 persen dari keseluruhan biaya kepemilikan mobil bensin pada umumnya.

Mobil hybrid yang juga ramah lingkungan dan diprediksi bisa menghemat justru lebih mahal biaya kepemilikannya dibanding mobil bensin di Amerika dan Inggris. Itu disebabkan karena mobil hybrid menggunakan dua mesin. Jadi meskipun lebih efisien dalam penggunaan BBM jika dibandingkan mobil bensin, motor listriknya juga butuh biaya perawatan seperti baterai dan motor listrik.

Untuk saat ini di beberapa negara mobil listrik ditawarkan dengan harga jual lebih rendah karena ada kebijakan dari pemerintah masing-masing negara. Namun jika nantinya subsidi dicabut maka harga jualnya bakalan melambung lagi.

Tetapi karena harga baterai yang mulai turun, bukan tidak mungkin mobil listrik bisa dijual dengan harga rendah bahkan lebih murah dari mobil bensin pada 2025 nanti. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +