Asyik, Tiduran Dalam Kemah di Atap Mobil

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Jumat, 01 Des 2017 15:02 WIB
Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Banyak orang yang suka bertualang ke tempat yang terpencil dengan mobilnya. Tak jarang mereka harus tidur di dalam mobil.

Atau Anda bisa menggunakan tenda di atas mobil seperti tenda yang dipasang di atap mobil MINI Countryman ini.

Dinamakan Autohome, kemah ini bisa dipasang di roof rail MINI Countryman. Sebelum terbuka lebar seperti foto di atas, kemah ini bentuknya seperti Roofbox biasa untuk mengangkut barang.

"Dalam beberapa menit tenda ini bisa terpasang," ujar Qualification and Training Manager BMW Group Ariefin Makaminan di Bandung di sela-sela MINIAdventure.

Tangganya terbuat dari aluminium yang bisa dicopot dan disimpan di dalam tenda. Tenda khusus untuk MINI Countryman ini memiliki resleting di bagian luar dan dalam untuk memudahkan kita membuka dan menutup tenda agar tidak kena nyamuk atau digigit binatang lainnya.

Di dalamnya ada kasur yang cukup luas bisa menampung 2 orang dengan bobot maksimal 300 kg. Pas lah ya buat berdua. Bobot tenda itu sendiri mencapai 50 kg.

Tenang dengan beban seperti itu, akan tetap kuat karena beban maksimumnya terdistribusi rata ke 4 kaki-kaki tenda di roofrailnya.

Sayang karena belum memiliki sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI), BMW Group belum bisa menjual Airtop dari Autohome ini.

"Mungkin kalau secara personal bisa membeli langsung ke Italia," ujar Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O'tania di tempat yang sama.

detikOto sempat mencoba naik dan tidur di dalamnya. Meski udara di Cibodas, Lembang cukup dingin, udara dalam tenda tetap hangat lho. Kasurnya pun empuk, bisa lah tidur nyenyak di alam tanpa kaki harus terlipat.
Tenda tersebut menggunakan rangka fiberglass. Tenda dipasang kuat pada roof rail MINI Countryman dengan penjepit baja.

Pengaplikasian tenda kemah di atas atap pun cukup mudah. Pemiliknya hanya melepaskan tiga jepitan, dan tenda otomatis terangkat.

Penggunanya kemudian bisa menaiki tangga aluminium untuk mengakses tenda. Di dalam tenda terdapat kasur padat serta penutup katun yang cukup untuk dua orang. Di dalam tenda juga terdapat lampu LED dengan baterai serta kantong penyimpanan.

MINI menyebut, AirTop ini hadir dengan bahan kain berkualitas tinggi sehingga tetap hangat dan senyap untuk penghuninya dengan dua jendela kelambu untuk ventilasi. Tenda itu juga anti-air.

Tenda ini dijual di Italia. Harganya mulai dari 2.836,93 euro. (ddn/khi)