Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 30 November 2017, 11:50 WIB

Tambah Canggih, Tahun Depan Toyota Pakai Fitur Keamanan Lexus

Ruly Kurniawan - detikOto
Tambah Canggih, Tahun Depan Toyota Pakai Fitur Keamanan Lexus Fitur Keamanan Lexus diterapkan di mobil Toyota. Foto: Dok. Toyota
Tokyo - Setelah meluncurkan fitur keamanan tambahan yang lebih canggih beberapa waktu lalu di Jepang, kini Toyota kembali mengumumkan adanya tambahan fitur yang lebih canggih daripada generasi sebelumnya, Toyota Safety Sense (TSS) generasi kedua. Kabarnya, literasi teknologi baru ini mengambil dari sistem keselamatan milik Lexus yang sudah lebih maju dan premium.

Dengan kata lain, mobil Toyota yang lebih menyasar pasar menengah ke bawah akan memiliki fitur keselamatan dari Lexus nantinya. Diberitakan Motor1, TSS generasi kedua ini akan menjadi peralatan standar pada kendaraan Toyota di 2018.

Perlu diketahui, TSS adalah perangkat yang dirancang oleh Toyota untuk mencegah tabrakan. Toyota menawarkan dua paket untuk perangkatnya itu yakni TSS C untuk mobil kompak yang sudah dilengkapi sistem pre-collision menggunakan kamera dan radar laser serta TSS P untuk mobil berukuran menengah dan mewah.

Untuk paket C, fungsi fitur tersebut untuk memberikan peringatan kepada pengemudi melalui sebuah speaker ketika objek yang berada di depan mobil sudah dekat. Jika tidak direspons oleh pengemudinya, maka secara otomatis mobil akan memperlambat laju sampai berhenti.

Sedangkan untuk TSS P, Toyota menambah radar Cruise Control dan sebuah sistem pre-collision yang telah ditingkatkan performanya dengan menambahkan teknologi deteksi pejalan kaki.

Tak hanya itu, kedua paket tersebut juga tersemat fitur Lane Departure Alert dan Automatic High Beam system yang berfungsi untuk mengubah lampu dekat dan lampu jauh secara otomatis jika melihat kendaraan lain berada di depan pada malam hari.

Lantas, apa ubahan di generasi kedua dari TSS? Masih memiliki dasar teknologi dari versi sebelumnya, pembaruan yang diberikan ialah pada bagian respons pengereman yang lebih baik jika sistem mendeteksi pejalan kaki di jalan pada siang maupun malam hari.

Cruise Control juga kini lebih memiliki kemampuan untuk mendeteksi rambu lalu lintas yang berada di depan kendaraan lebih teliti dan canggih. Selain itu, Lane Tracking Assist juga lebih sensitif untuk mengoreksi dan memastikan kendaraan tetap berada di jalur.

Generasi terbaru dari TSS yang diadopsi dari Lexus ini juga memungkinkan mobil dapat menangkap tanda rambu lalu-lintas yang akan dilewati oleh mobil dan memberikan informasinya ke dashboard atau head-up display (bila dimiliki). Sehingga pengemudi lebih berhati-hati di awal.

Meskipun sudah cukup detail untuk memberikan perangkat tambahannya itu, dari website resminya Toyota belum memaparkan akan menyematkan TSS generasi keduanya di mobil apa. Yang pasti, perangkat tersebut baru akan dimasukkan ke mobil Toyota di Jepang ya, Otolovers.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed