Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 29 November 2017, 13:39 WIB

Apa Bekal SUV China untuk Tantang CR-V dkk di Indonesia?

Ruly Kurniawan - detikOto
Apa Bekal SUV China untuk Tantang CR-V dkk di Indonesia? SUV Sokon Glory. Foto: Ruly Kurniawan
Serang - Pabrikan China, Sokon akan meramaikan pasar otomotif Indonesia dengan SUV baru. PT Sokonindo Autombile bakal meluncurkan Sokon Glory 580, pesaing Honda CR-V, Nissan X-Trail dan Mazda CX-5.

Apa bekal SUV China ini untuk tantang SUV dari Jepang? Terdapat empat kelebihan yang ditonjolkan oleh SUV 7 penumpang dari Sokon ini. Yakni tampilan yang menarik dan dinamis, dimensi luas, kenyamanan berkendara, dan fitur keselamatan. Oleh karena keunggulan tersebut, Glory 580 diklaim sebagai salah satu SUV yang terlaris di dunia.

Mobil ini menggendong mesin turbocharged 1.5T dengan dibantu oleh pilihan transmisi 6 percepatan manual atau otomatis. Belum lagi hadirnya fitur pelengkap dengan kombinasi antara NVH level sedan yang membuatnya mudah untuk digunakan.

Tak sampai di situ, dimensi yang lapang dan sistem keamanannya pun patut menjadi perhatian menarik di mobil ini. Untuk menjaga kestabilan mobil agar tidak limbung (berbelok saat kecepatan tinggi), SUV asal Negeri Tirai Bambu ini sudah dilengkapi Electric Stability Program (ESP). Di tubuhnya pun terdapat 4 airbag yang dilengkapi crash auto-unlocking yang memungkinkan sistem pengaman tambahan tersebut lebih responsif. Dengan hal itu, mobil diklaim sudah standar bintang lima (perihal keamanannya).

Bagasinya, dengan menggulung kursi tengah dan belakang mobil ini memiliki panjang sampai 1.960 mm dengan 30 ruang penyimpanan untuk botol minum dan barang kecil lainnya di sisi bangku. Sedangkan layar 8 inci di depan yang dapat terkoneksi ke smartphone siap untuk menghibur para penumpangnya.

"Ini (Indonesia) pasar yang sangat penting, karena negara ini memiliki banyak konsumen yang matang. Dalam artian, konsumen yang memang mengerti tentang mobil. Sehingga kami tanpa keraguan datang ke sini," kata Co Chief Executive Officer PT Sokonindo Automobile, Alexander Barus.

"Pasarnya 1 juta unit per tahun. Dan dalam satu juta ini pasar Indonesia 90 persen dikuasai mobil Jepang," lanjut Alex.

Alex juga menuturkan mobil yang akan dikeluarkannya ini akan memiliki kualitas internasional. Dalam artian, mobil tersebut sudah menggendong fitur keamanan dan kenyamanan kelas atas.

"Kalau untuk kualitas teknologi, Sokonindo ini termasuk kompetitif, ini nomor 1. Jadi tidak akan dijual murah, karena memang kelasnya beda. Tapi pasti masih kompetitif kok (harganya)," ucap Alex.

"Untuk itu, Sokonindo ini sebagai pemain baru tentunya kami sudah menyiapkan strategi yang jitu untuk bersaing yakni menjaga kualitas perakitan mobil dan servis (purna jual)," katanya.

Pertama, Sokon memiliki prinsip untuk menjadikan konsumen sebagai inti atau utama. Lalu menjadikan pasar sebagai arah dan harus berpegang kepada semua untuk konsumen. Selanjutnya menjamin apa yang diberikan ke konsumen itu adalah kualitas nomor satu baik dalam kualitas maupun pelayanannya.

Memiliki lahan pabrik sebesar 20 hektar di Cikande, Serang, Banten, Sokon mampu memproduksi 50.000 unit per tahun dan semua proses perakitan mobil Sokon telah menggunakan teknologi dan peralatann cukup canggih. Contohnya dengan adanya lengan-lengan robot untuk pencetakan pelat baja (stamping), pengelasan (welding), pengecetan (painting), perakitan (assembling) serta proses kontrol kualitas (quality control).

"Dengan memiliki pabrik berteknologi tinggi, kami dapat memastikan kualitas produk-produk yang kami miliki. Ini merupakan smart factory berstandar internasional dengan kepresisian tinggi sekaligus memiliki daya saing yang juga tinggi," ucap Alex.

"Pabrik ini memiliki fasilitas lengkap yaitu empat tahap penting dalam produksi mobil sudah kami miliki (assembling, painting, sampai finishing). Kinerja servis kami pun akan melebihi ekspektasi dari konsumen," tutupnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +