ADVERTISEMENT
Selasa, 28 Nov 2017 17:45 WIB

Cara Sederhana Hindari Mobil Keyless Entry Dicuri Maling

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: BBC Foto: BBC
London - Mobil yang menggunakan keyless entry masih bisa digondol maling setelah sinyal dari kunci remote-nya 'dicuri' maling dengan menggunakan perangkat relay.

Seperti diberitakan sebelumnya, dengan menggunakan relay dengan mudahnya pencuri mengelabui sistem kunci pintar, hanya dengan me-relay sinyal dari kunci aslinya.



Kunci pintar ini menurut pakar keselamatan Thatcham Research berbeda dengan kunci mobil biasa. Keyless entry memungkinkan pengemudi dengan mudah membuka dan menyalakan kendaraan mereka tanpa menekan tombol kunci. Kunci remote simpan saja di saku atau tas.

"Sistem membuka pintu mobil tanpa kunci menawarkan kemudahan bagi pengemudi, namun dalam beberapa situasi hal ini bisa dimanfaatkan oleh penjahat. Untuk itu konsumen yang takut hal tersebut menimpanya harus menghubungi diler untuk mendapatkan informasi dan panduan, dan ikuti langkah-langkah keamanan sederhana kami," ujar Chief Technical Officer Thatcham Research Richard Billyeald.

Selain menggunakan kunci setir yang disarankan kepolisian, Thatcham juga menyarankan pemilik mobil dengan keyless entry tidak menyimpan kuncinya di area dekat jendela terbuka. Perangkat relay yang dimiliki maling bisa menjangkau sinyal dari kunci dan menggunakannya untuk mengelabui komputer mobil. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com