Selasa, 28 Nov 2017 15:07 WIB

Gawat, Mobil Bisa Dicuri Tanpa Pakai Kunci

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: BBC Foto: BBC
West Midlands, Inggris - Mobil tambah canggih, para maling pun tambah canggih pula. Sebuah mobil Mercy yang biasanya dilengkapi fitur perangkat anti-maling sanggup juga dibobol oleh maling.

Seperti yang terlihat pada video yang diunggah BBC, Selasa (28/11/2017), dua orang pencuri berhasil membawa kabur sebuah mobil Mercedes-Benz dengan teknologi modern. Tidak sampai satu menit pencuri tersebut berhasil membobol mobil dan membawanya kabur. Mereka membuka pintu mobil tanpa menggunakan kunci.

Bagaimana bisa mencuri kendaraan tanpa menggunakan kunci untuk membobol mobil tersebut? Ternyata dari video terlihat pencuri tersebut menggunakan dua perangkat relay. Yang pertama untuk menangkap sinyal dari kunci mobil dari dalam rumah. Si pencuri terlihat mendekat ke garasi rumah untuk mendapatkan sinyal yang dipancarkan kunci remote mobil.

Kemudian setelah mendapatkannya, sinyal tersebut dikirim pada perangkat relay yang kedua yang dipegang oleh maling kedua di dekat mobil untuk membuka mobil. Alhasil, sistem mobil keyless itu tertipu, komputer mobil mengira mengira kunci sesungguhnya digunakan untuk membuka pintu dan menyalakannya.

Kejadian tersebut berhasil terekam oleh CCTV West Midlands, di Solihull, Inggris.

Terus bagaimana untuk mencegah pencuri yang menggunakan perangkat relay seperti ini? Kepolisian West Midlands punya saran tradisional.

"Untuk terlindungi dari pencurian seperti ini, sebaiknya pemilik dapat menggunakan kunci setir," saran Kepolisian West Midlands. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed