Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 22 November 2017, 19:21 WIB

24 Tim Adu Cepat di Kompetisi Mobil Listrik Indonesia

Tri Ispranoto - detikOto
24 Tim Adu Cepat di Kompetisi Mobil Listrik Indonesia Ilustrias mobil listrik Foto: Tim Infografis, Fuad Hasim
Bandung - Sebanyak 24 tim dari 21 kampus bakal mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) ke-9, yang digelar di Politeknik Negeri Bandung (Polban) mulai besok 23-25 November 2017 mendatang.

Direktur Polban Rachmad Imbang mengatakan, sejak awal digelar hingga kini memasuki musim ke-9 perkembangan mobil listrik di Indonesia sangat luar biasa. Bahkan dari semula hanya diikuti oleh beberapa kampus kini jumlah peserta berlipat hingga 24 tim dari 21 kampus.

"Saat ini KMLI 9 diikuti oleh kampus di Jawa, Kalimantan, Sumatera hingga Bali. Mobil listrik yang berkembang luar biasa ini menjadi solusi masa depan di mana bahan bakar fosil habis, kita sudah punya jalan keluarnya," ujar Rachmad saat menggelar konferensi pers di Kampus Polban, Rabu (22/11/2017).

Rachmad mengatakan saat ini pertumbuhan kompetisi di kalangan mahasiswa juga menunjukan trend yang sangat positf. Bukan hanya soal teknologi, para peserta juga sudah bisa berinovasi hingga menciptakan mobil dengan kecepatan 60-80 Km/jam.

Dari awal kompetisi ini digelar, kata Rachmad, para peserta tidak hanya berkompetisi tapi juga saling bekerja sama secara sportif untuk membantu bersama memecahkan sebuah masalah yang terjadi di lapangan.

"Ini peluang Indonesia untuk mengejar dunia otomotif khususnya berbahan bakar listrik yang ramah lingkungan," katanya.

Pemilihan Kampus Polban sebagai tempat kompetisi bukan tanpa alasan. Sebab kampus yang berada di kawasan Bandung utara ini memiliki kontur yang naik, turun dan berbelok tajam sehingga seperti sirkuit mini.

Pihaknya berharap dengan kompetisi tersebut masyarakat akan semakin banyak tahu dan tertarik soal keberadaan mobil listrik. Sekaligus sebagai pembelajaran bagi masyarakat mengenai teknologi mobil listrik yang sudah mulai dikuasai oleh mahasiswa Indonesia.

Di tempat yang sama Manajer Komunikasi Hukum dan Administrasi PT PLN Distribusi Jabar Hery Zulkarnain mengatakan keterlibatan PLN sebagai sponsor utama dalam kompetisi ini adalah sebuah bentuk keseriusan untuk menjadikan mobil listrik sebagai solusi masa depan.

"Kendaraan listrik akan menjadi alternatif solusi minimnya bahan bakar primer. Mobil listrik juga dikenal sebagai kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan," ucapnya.

Tidak hanya itu, produksi listrik di Jabar yang mencapai 10ribu MW dianggapnya surplus sehingga sudah siap disalurkan untuk mendukung keberadaan mobil listrik beroperasi.

Dalam kompetisinya nanti ada enam kategori yang diperlombakan yakni daya tanjak, percepatan, pengereman, slalom, kecepatan dan efisiensi. Selain itu terdapat kategori tambahan seperti poster dan presentasi terbaik, pengemudi mobil terbaik, tim terbaik, mobil dengan desan juga teknologi terbaik dan rancangan konstruksi terbaik.

Selain kompetisi nantinya dalam acara yang berlangsung selama tiga hari itu akan diisi oleh talk Show yang akan dihadiri langsung oleh Dahlan Iskan dan Ricky Elson yang dikenal sebagai penggagas mobil listrik Indonesia. (Tri Ispranoto/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +