Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 22 November 2017, 13:17 WIB

Ini Tempat Strategis Pemasangan Pelacak GPS di Mobil

Ruly Kurniawan - detikOto
Ini Tempat Strategis Pemasangan Pelacak GPS di Mobil Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Pencurian kendaraan kian marak terjadi. Beberapa komponen tambahan pun bermunculan di pasar untuk menekan risiko tersebut, salah satunya ialah adanya Global Positioning System (GPS) untuk memindai dan mengetahui posisi kendaraan ketika dibawa lari orang lain.

Bergantung oleh sinyal ponsel, tempat mana yang ideal untuk dipasang komponen tersebut ya? Menanggapi hal itu, Presiden Direktur PT Super Spring, Arianto Furiady menuturkan hal tersebut tergantung pada kendaraannya. Namun yang pasti, tidak menghalangi laju sinyal.

"Ini menyangkut masalah sinyal, jadi pertimbangan pemasangannya itu," tuturnya.

"Tapi kebanyakan sih di dashboard. Yaa, ditempat-tempat tak biasalah pastinya dan tiap kendaraan tentu berbeda-beda," lanjut Arianto.

Dengan pemasangan 30 sampai 45 menit, perangkat GPS Tracker akan disematkan ditempat yang tak terduga. Namun jangan sampai di tempat yang rawan terkena air ya, Otolovers. "Kalau terkena air bisa saja mati," papar Arianto.

PT Super Spring memperlihatkan sebuah video mengenai pencurian mobil. Dalam videonya, terlihat seorang wanita tengah melintasi jalanan sepi pada malam hari. Disalah satu lintasan, seorang pengemudi sepeda motor menyampaikan bahwa ban mobil yang dikendarai wanita tersebut bocor.

Mengiyakan hal tersebut, sang wanita pun turun untuk melihat ban yang dimaksudkan. Namun nahas, seketika mobil dibawa pergi oleh teman pengendara motor saat pemiliknya sedang lengah.

Dengan situasi panik, sang wanita yang masih terhubung dengan suaminya via telepon melaporkan kejadian yang dialaminya. Ingat sudah dipasang GPS Tracker, sang suami langsung menghubungi operator Super Spring yang sudah bekerja sama dengan Telkomsel dan Indosat dan siap melayani 24 jam nonstop.

Di sana, operator memberikan informasi terkait posisi mobil, kecepatan laju, serta perkiraan tujuan. Pemilik pun segera menuju lokasi yang diinformasikan.

Setelah berjarak tak jauh dari mobil yang dibawa lari itu, sang wanita membuka suatu aplikasi untuk mendengarkan perbincangan di dalam kabin mobilnya. Ia pun mematikan mesin mobil hanya dengan mengirimkan pesan singkat elektronik atau SMS.

Singkat cerita, mobil yang tadinya sempat hilang dari genggaman si wanita langsung balik lagi. Begitulah cara kerja GPS Tracker yang ditawarkan oleh Super Spring.

"Memang itu ilustrasi namun sering terjadi. Laporan dari kita sangat beragam (terkait mobil hilang-Red), banyak variabel nya. Namun seperti itu lah kira-kira cara mengatasi mobil yang dicuri apabila sudah dipasang GPS Tracker," tutup Arianto. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +