Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 21 November 2017, 16:02 WIB

China, Rajanya Mobil Listrik di Dunia

Dina Rayanti - detikOto
China, Rajanya Mobil Listrik di Dunia Taksi menggunakan mobil listrik (Foto: Feby Dwi Sutianto)
Beijing - China bisa dibilang sebagai salah satu negara yang cukup serius akan perkembangan mobil listrik dibandingkan negara-negara lainnya. Terbukti dari hasil sebuah riset China merupakan negara dengan penjualan mobil listrik dan hybrid terbanyak di dunia.

Bahkan setengah dari penjualan mobil listrik di seluruh dunia ada di Negeri Tirai Bambu ini. Walaupun penjualannya sudah cukup bagus, pemerintah China pun masih terus memberi dukungan terhadap industri mobil listrik ini termasuk produksi lithium yang merupakan komponen utama baterai mobil listrik.

"Mereka yang bisa mengontrol suplai lithium bakalan bisa mengontrol mobil listrik di masa depan," ungkap Managing Director Benchmark Mineral Intelligence Simon Moores seperti dikutip CNN, Selasa (20/11/2017).

Cadangan untuk memproduksi lithium di China sendiri terbatas, maka berencana untuk mengambil dari luar. Pemerintah China saat ini diam-diam sedang mencari sumber daya lithium baru di luar China.

Sebagai pasar mobil listrik terbesar di dunia pastinya China juga menjadi incaran produsen mobil listrik yang tak berasal dari China. Bahkan beberapa merek sudah mengumumkan akan memproduksi mobil listriknya disana seperti Tesla dan Volkswagen.

"Pesan untuk Tesla dan produsen yang memproduksi mobil listrik 'kalian bebas memproduksi mobil listrik dimanapun tetapi lebih baik untuk memproduksinya di China'," ungkap konsultan Dunne Automotive Michael Dunne. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +