Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 18 November 2017, 13:19 WIB

Mobil Dimodifikasi, Airbag Bisa Tidak Berfungsi

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil Dimodifikasi, Airbag Bisa Tidak Berfungsi Tabrakan Setya Novanto Foto: Istimewa/detikcom
Jakarta - Tidak mengembangnya kantong udara (airbag) sebagai salah satu perangkat keselamatan tambahan di mobil yang ditumpangi Setya Novanto menjadi sorotan.

Soalnya, mobil yang dikendarai oleh Hilman Mattauch saat membawa tersangka mega proyek e-KTP tersebut,diklaim sedang melaju dalam kecepatan tinggi yakni 70 km/jam.

Perlu digaris bawahi bahwa airbag ialah SRS (Supplemental Restraint System) yakni perangkat keamanan pelengkap yang membantu seatbelt (perangkat keselamatan utamanya), agar mengurangi resiko ketika berkendara. Maka, terdapat indikator atau batasan yang mendasari kinerja airbag tersebut.

Dadi Hendriadi, GM Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) menuturkan, ada beberapa hal yang mengakibatkan airbag tidak dapat berfungsi atau indikatornya bergeser (ia akan mengembang ketika kendaraan menabrak benda diam dan keras dalam kecepatan 30 km/jam), salah satunya ialah karena modifikasi. Salah satu modifikasi yang dimaksutkan ialah menambahkan aksesoris untuk mengurangi benturan.

"Bila bodi mobil di modifikasi bisa juga membuat airbag tidak mengembang atau indikator perepatannya berubah. Seperti penambahan aksesoris di bagian bemper entah diberi besi, dijadikan lebih tebal, dan lainnya," ucap Dadi kepada detikOto di Jakarta, Sabtu (18/11/2017).

"Karena hal tersebut dapat mempengaruhi perlambatannya," tambahnya.

Dalam buku manual Toyota yang selalu diberikan pada pemilik saat membawa mobil kegarasinya, lanjut Dadi, tertulis bahwa airbag akan mengembang pada percepatan 30 km/jam menabrak tembok atau benda diam dan kokoh.

"Di buku manual itu ada, tertulis lengkap tentang airbag seperti dia itu akan mengembang pada percepatan 30 km/jam ketika mobil menabrak benda diam dan kokoh seperti tembok. Karena kan perubahan kecepatan ke 0 km/jam nya cepat, mendadak. Makanya airbag langsung mengembang," tutupnya. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +