Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 18 November 2017, 07:25 WIB

Kok Airbag Fortuner Setya Novanto Tidak Keluar?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kok Airbag Fortuner Setya Novanto Tidak Keluar? Toyota Fortuner Setya novanto Foto: Istimewa/detikcom
Jakarta - Setya Novanto mengalami kecelakaan, Toyota Fortuner yang ditumpangi Novanto menabrak tiang lampu. Tapi, kok airbag-nya tidak mengembang?

Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu melihat beberapa kemungkinan yang terjadi. Yang pertama, mungkin kecelakaan itu terjadi di kecepatan rendah.

"Jika kendaraan itu ideal, di mana airbag aktif, maka dari bentuk kerusakan saya yakin itu di bawah 20 km/jam. Patut diduga di bawah 20 km/jam. Kecelakaan seperti itu kerusakannya seperti itu memungkinkan terjadi. Apalagi airbag tidak mengembang (biasanya airbag mobil akan mengembang ketika terjadi benturan frontal di atas kecepatan tertentu-Red)," kata Jusri kepada detikOto.

Tapi, bisa saja airbag tidak mengembang karena ada malfungsi. Bisa jadi karena mobil itu sudah ada yang diubah sehingga sistem airbag tidak berfungsi dengan baik.

"Misalnya setir diganti, atau sistem audio diganti kan bisa saja," kata Jusri.

Namun, untuk kejelasannya mengapa airbag tidak mengembang, diperlukan investigasi dari produsen otomotif yang bersangkutan, dalam hal ini Toyota. Toyota bisa meneliti mengapa sistem airbag di mobil Fortuner yang ditumpangi Novanto tidak mengembang. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +