Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 14 November 2017, 13:59 WIB

Mobil Listrik Nissan Note e-Power Masih Ada Emisinya

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Listrik Nissan Note e-Power Masih Ada Emisinya Foto: Dikhy Sasra
Tangerang - Mobil listrik diciptakan untuk mengurangi polusi udara yang diakibatkan oleh emisi gas karbondioksida yang dihasilkan. Tetapi itu rupanya tidak terjadi pada mobil listrik yang mengusung teknologi e-Power buatan Nissan.

Meski diklaim sepenuhnya mobil listrik namun ternyata dengan sistem e-Power mobil listrik Nissan masih menghasilkan emisi gas buang.

"Ini masih ada emisi gas buangnya hanya 64 mg/km kalau mesin konvensional kan besar emisinya ini sangat kecil," kata Vehicle Evaluator RnD Nissan Motor Indonesia (NMI) Hatyo Hadsanggaeni saat mendampingi pengetesan Nissan Note e-Power di Tangerang.

Jika dibandingkan model Note yang masih menggunakan mesin konvensional tentu jauh berbeda. Mesin konvensional pada Nissan Note menghasilkan sekitar 109 g/km emisi gas karbon dioksida.

Emisi tersebut dihasilkan dari mesin bensin yang digunakan untuk mengecas baterai motor elektrik.

Pengoperasiannya otomatis, menyala, dan mati sesuai kebutuhan dan tidak terhubung dengan roda mobil. Konsumsi bahan bakarnya juga cukup hemat. Saat dites di Jepang 1 liter bensin bisa menempuh jarak 36 km.

Untuk di ASEAN Note dengan sistem e-Power baru sekadar dipamerkan saja karena terbentur regulasi yang belum jelas soal mobil listrik.

"Market lain Asia Tenggara mereka juga belum masuk karena mereka kondisinya masih nunggu pajak. Yang masuk mungkin yang Note konvensional di Thailand sudah," ungkap Manager RnD NMI, Anton Khristanto. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed