Erdogan Ingin Turki Punya Mobnas Tahun 2021

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 07 Nov 2017 10:50 WIB
Presiden Jokowi ajak Presiden Erdogan dalam vlog yang dibuatnya. Foto: dok. istimewa
Ankara - Semangat mobil nasional (mobnas) merambah Turki. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan, pihaknya ingin meluncurkan mobil yang seluruhnya dibuat di Turki pada 2021.

Diberitakan Reuters, ini merupakan impian lama orang-orang Turki untuk memiliki mobil nasional. Ketika mobil nasional lahir, Erdogan akan menjadi orang pertama yang memilikinya.

Erdogan menyebut, pihaknya telah memilih konsorsium lima perusahaan untuk memproduksi mobil nasional itu. Beberapa di antaranya adalah operator ponsel Turkcell dan induk pembuat TV, Vestel.

"Kami tidak ingin ada penundaan dalam proyek ini dan kami tidak akan mentoleransi hilangnya waktu. Saya akan menjadi pelanggan pertama untuk mobil baru ini, saya akan membayarnya," kata Erdogan.

Turki memang merupakan negara pengekspor kendaraan terbesar ke Eropa. Tapi, mobil yang dibuat adalah dari merek global yang biasanya dalam usaha patungan dengan mitra lokal.

Selama bertahun-tahun, Partai AK yang dipimpin Erdogan memiliki tujuan untuk memproduksi mobil sendiri. Itu akan menjadi bukti kekuatan ekonomi negara tersebut. (rgr/ddn)