Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 01 November 2017, 12:37 WIB

Laporan dari Jepang

Bikin Karyawan Senang, Diler di Jepang Ini Alami Peningkatan

M Luthfi Andika - detikOto
Bikin Karyawan Senang, Diler di Jepang Ini Alami Peningkatan Diler utama Daihatsu, Shiga Daihatsu Sales Company di Jepang (Foto: M Luthfi Andika)
Shiga - Seberapa penting karyawan bagi satu perusahaan, jika memang karyawan itu penting apa yang diberikan oleh perusahaan. Setidaknya itulah moto perusahaan main diler Daihatsu, Shiga Daihatsu Sales Company, Ltd di Shiga, Jepang.

Saat detikOto mengunjungi Tokyo Motor Show 2017 bersama Astra Daihatsu Motor (ADM), detikOto juga diajak untuk melihat satu main diler Daihatsu yang sangat sukses menjual dan melayani konsumen di Jepang.

Namun siapa yang sangka, rupanya kesuksesan perusahaan tidak lepas dari peran karyawan yang bekerja di dalamnya. Sadar akan hal itu Shiga Daihatsu Sales Company, Ltd, memiliki moto pertama untuk membahagiakan karyawan terlebih dahulu.

"Ada 5 moto yang dijalankan perusahaan, pertama membahagiakan karyawan, kedua membahagiakan konsumen, ketiga membahagiakan partner Company (mitra perusahaan-Red), keempat membahagiakan Daihatsu Group, dan kelima membahagiakan Local community atau pengguna Daihatsu," ujar President and appointed CEO of Shiga Daihatsu Co., Ltd, Keiichi Goto, di Shiga Jepang.

Dirinya juga mengatakan, setelah membuat senang 422 karyawannya, bisnisnya terus mengalami peningkatan yang luar biasa. Dengan langsung memiliki 14 outlets, di antaranya 3 diler menawarkan mobi baru Daihatsu, 3 diler menjual mobil bekas, 7 diler menjual mobil baru dan bekas dan satu dilernya menjual berbagai part Daihatsu.

Tidak hanya menjual kendaraan Daihatsu, Keiichi juga memiliki bisnis Logistics Center, Vehicle Inspection center, parts center dan Sales Support headquarters.

Sadar akan kualitas terbaik yang diberikan main diler Daihatsu di Shiga Jepang ini, Astra Daihatsu Motor (ADM) kerap mengirimkan para pekerja main diler Daihatsu terbaik, untuk bisa belajar dan menerapkan sistem yang ada di Jepang di berbagai diler Daihatsu yang ada di Indonesia.

Tahun ini Rhesa dan Yulius yang berkesempatan untuk belajar segala sesuatu untuk bisa diterapkan di Indonesia.

"Shiga memiliki populasi 1.410.000 jiwa, dengan memiliki unit kendaraan mencapai 980.000 unit kendaraan. Pada 2015 kemarin pasar kendaraan mini di Shiga mencapai 438.000 unit kendaraan, dan Daihatsu berhasil merebut hingga 165.000 mobil kecil atau mencapai 37,6 persen. Bahkan angka yang ditorehkan diler Dihatsu di Shiga berhasil menyumbang dan membuat penjualan kendaraan mini Daihatsu di Jepang mencapai 30,6 persen," jelas Resha.

Selain itu, lanjut Yulius. Ada beberapa metode yang diterapkan pada diler Daihatsu di Shiga Jepang.

"Selain 5 moto yang diterapkan dengan membahagiakan karyawan terlebih dahulu, ada beberapa langkah mengapa Daihatsu begitu dipercaya di pasar Jepang," katanya.

Yulius juga menambahkan langkah pertama untuk meraih kesuksesan Daihatsu di Shiga, diler memiliki DMC Service Standar Introduction alias hanya melakukan pengerjaan atau perbaikan hanya mencapai 45 menit, serta selalu memberikan informasi kapan konsumen harus melakukan service mobil, dan selalu memberikan promo menarik setiap Minggu-nya.

"Selain itu berbagai kegiatan yang bisa memanjakan konsumen diberikan pada diler ini. Mulai dari Welcoming and Send-off Perfectly, yang pegawai diler sudah menunggu di depan diler dan memberikan informasi kepada karyawan yang berada di dalam diler nomor polisi kendaraan, Sehingga para pegawai sudah mengetahui siapa yang mengendarainya. Selanjutnya kegiatan lainnya, konsumen diberikan informasi selengkap-lengkapnya, bahkan diberikan petunjuk waktu berapa lama kendaraan akan di service," kata yulius.

"Selain itu kegiatan lainnya di diler Entrance dan Exit improvement, ini digambarkan konsumen melakukan perubahan desain diler untuk keluar dan masuk kendaraan dengan melakukan pengecatan lantai in dan out kendaraan, serta lantai parkir yang di cat juga. Sehingga konsumen tidak merasa bingung. Serta menerapkan sistem Kaizen yang sangat cekatanmelayani konsumen," tambahnya.

Namun yang menjadi perhatian detikOto, saat berada didalam diler. Bisa dipastikan tidak ada sau mobil di dalam diler Daihatsu yang ada di Shiga Prefecture ini. Melain adanya sebuah cafe, tempat bermain anak, dan tidak ada kursi untuk duduk para karyawan diler.

"Tidak ada kursi ini dimaksudkan agar setiap karyawan bisa melayani konsumen dengan sangat cepat," ujar Resha.

Program CSR juga dilakukan diler Daihatsu ini. Namun yang menjadi catatan program CSR yang disajikan sangat berbeda, yaitu salah satunya dengan membersihkan toilet sekolah-sekolah atau sarana umum. "Membersihkan toilet ini memiliki tujuan untuk membersihkan jiwa kita," kata Resha. (lth/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed