Senin, 30 Okt 2017 14:30 WIB

Sebaiknya Ada Tempat Isi Ulang e-Toll di Gerbang Tol

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Dalam proses transisi dari pembayaran tol tunai menjadi non-tunai banyak terjadi pengendara lupa isi saldo atau lupa bahkan membawa e-Toll. Untuk itu agar lebih memudahkan pengendara perlu disediakan tempat untuk pembelian dan isi ulang kartu e-Toll di tiap gerbang tol.

Admin Komunitas New Baleno Hatchback Indonesia (NewBi), Muhammad Salman mengatakan, adanya tempat pengisian dan pembelian kartu e-Toll ini akan sangat membantu untuk pencegahan pengemudi yang lupa bawa e-Toll atau lupa isi saldo.

"Salah satunya di perbanyak gate yang bisa isi ulang. Jadi ada gate khusus gitu, kan kita bisa aja lupa belum diisi e-Toll cardnya jadi nggak ada itu masalah kurang-kurang saldo di gate," ujarnya saat dihubungi detikOto, Senin (30/10/2017).


Pernyataan serupa juga disampaikan Media dan Publikasi Altis Indonesia Community (Altic), Wisnu Hartono saat dihubungi detikOto. Katanya penyediaan tempat di gerbang tol bisa jadi cara mengantisipasi pengemudi yang lupa isi saldo atau saldonya kurang.

"Disiapkan beberapa pintu (gerbang tol) yang bisa melakukan top up uang elektronik secara tunai. Karena biar bagaimanapun pasti ada orang yang lupa isi saldo, atau gaptek nggak bisa isi lewat ATM dan lainnya," tuturnya.


Selain itu, Salman juga mengatakan dengan tersedianya tempat untuk pembelian dan isi ulang saldo e-Toll, maka kasus seperti pengendara maksa bayar pakai tunai dapat teratasi.

"Iya ini hal yang bisa terjadi, harus di edukasi kalau ada yang pinjam e-Toll kitanya turun saja, suruh mereka bayar cashnya, kita yang tap-in kartunya," terangnya.

(khi/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed