Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 28 Oktober 2017, 19:08 WIB

Catalonia Merdeka, Bagaimana Nasib VW?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Catalonia Merdeka, Bagaimana Nasib VW? Logo VW Foto: Reuters/Hannibal Hanschke
Barcelona -

[Gambas:Video 20detik]

Catalonia menyatakan kemerdekaan dari Spanyol. Di Catalonia ada satu produsen mobil besar yang merupakan anak Volkswagen. Produsen itu adalah Seat. Bagaimana nasib VW dan Seat di sana?

VW mengakusisi Seat tahun 1986 lalu. Seperti dilansir Reuters, Sabtu (28/10/2017), Seat yang berbasis di Martorell, Catalonia sudah menunda mengumumkan nama model crossover baru yang akan dirilis tahun 2018. "Di saat seluruh media Spanyol tengah fokus pada politik saat ini, kami memutuskan untuk mencari waktu yang lebih baik," ujar juru bicara Seat.



Seat pun sudah menunda produksi di pabrik Martorell, setelah pasokan suku cadang terganggu semenjak adanya gelombang protes di Catalonia. Seat juga sudah menunda pengumuman kerja sama dengan industri Spanyol soal inovasi dan digitisasi.

"Untuk saat ini masih terlalu dini untuk mengingat situasi berubah setiap jam. Kami memonitor bagaimana situasi berjalan," ujar juru bicara Seat lagi seperti dilansir dari Autocar.



Pasar terbesar Seat sebagian besar ada di Spanyol, Prancis, Jerman dan Inggris. Skenario terburuk bisa saja terjadi—yang lebih besar dari efek yang diterima pabrikan mobil dari Brexit Inggris— yakni produksi Seat tertunda karena biaya produksi yang tinggi.



Dan di grup VW, nanti bukan hanya Seat saja yang terkena dampaknya. Fasilitas produksi girboks di Barcelona, tidak hanya memproduksi girboks untuk Seat, tapi juga untuk merek lain di grup VW, yakni Audi, Skoda dan VW. Jadi akan berpengaruh pada kesehatan jalur distribusi suku cadang VW Group.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed