Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 25 Oktober 2017, 12:26 WIB

Kartel Mobil Jerman

Otoritas Uni Eropa Gerebek Markas Daimler dan VW

Dina Rayanti - detikOto
Otoritas Uni Eropa Gerebek Markas Daimler dan VW Foto: Reuters/Kim Hong-Ji
Berlin - Setelah menggerebek markas BMW akhir pekan lalu, kini otoritas Uni Eropa kembali menggerebek dua pabrikan mobil besar Jerman yakni Daimler dan Volkswagen. Penggerebekan tersebut dilakukan menyusul dugaan praktik kartel yang dilakukan produsen-produsen mobil Jerman untuk bisa memulihkan harga mobil diesel disana.

Isu ini sudah mencuat sejak Juli lalu karena Uni Eropa menaruh kecurigaan pada produsen mobil premium Eropa telah berkonspirasi dalam hal menentukan harga, pemasok komponen, teknik dan bahkan sistem filter mesin diesel sejak awal dekade 1990-an.



Daimler sendiri juga telah mengajukan keringanan agar tidak membayar denda, Jumat (20/10/2017). Namun pada Senin (23/10/2017), investigator Uni Eropa mendatangi kantor Daimler dan mencari dokumen di markas VW serta Audi, ungkap seorang juru bicara Daimler dan VW.

Komisi Uni Eropa hingga saat ini menolak untuk memberikan informasi lebih detil terkait dengan investigasi dugaan kartel itu. Mereka hanya menyampaikan sedang berkonsentrasi pada produsen-produsen mobil Jerman apakah mereka menyalahi undang-undang kartel serta melakukan praktik bisnis ilegal.

Ini baru tahap awal dan tak berarti mereka semua dipastikan bersalah. Kerja sama strategis antara produsen mobil Jerman ini bisa dibilang tidak biasa dan jika terbukti mereka akan didenda sebesar 10 persen dari omzet mereka secara global. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed