Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 25 Oktober 2017, 12:24 WIB

Laporan dari Tokyo

Mazda Kenalkan Mesin Terbaru yang Hemat BBM

Niza Sari Pratiwi - detikOto
Mazda Kenalkan Mesin Terbaru yang Hemat BBM Foto: Niza Sari Pratiwi
Tokyo - Meski mulai memikirkan mobil listrik, Mazda rupanya masih fokus untuk meningkatkan efisiensi mobil berbahan bakar bensin. Di tahun 2019 mendatang, mobil Mazda akan menggunakan terknologi mesin terbaru yang dinamakan SKYACTIV-X.

Bersama dengan SCCI (Spark Controlled Compression Ignition), mesin SKYACTIV-X merupakan langkah baru untuk mengembangkan mesin bensin dengan pembakaran internal yang ideal. Penggunaan SCCI membuat pengapian berlangsung cepat dan mencakup seluruh pembakaran.

Dengan kombinasi ini maka performa mesin akan naik dan konsumsi bahan bakar akan lebih ekonomis. Pastinya kenikmatan berkendara juga pasti akan bertambah.

Mesin SKYACTIV-X akan menggunakan rasio kompresi yang tinggi untuk menimbulkan pembakaran seperti halnya mobil diesel, dengan campuran udara dan bahan bakar terkontrol dengan emisi yang sedikit. Namun di sisi lain saat Anda berakselerasi SKYACTIV-X beroperasi seperti halnya mesin bensin Atkinson.

"Performa di sini peningkatan drastis dalam tingkat konsumsi bahan bakar. Bisa dibilang teknologi ini dapat efisien pada bahan bakarnya," ujar Managing Executive Officer in Charge Of Powertrain Development, Vehicle Decelopment and Product Planning Mazda, Ichiro Hirose, dalam ASEAN Media Forum seperti dilaporkan reporter detikOto Niza Sari Pratiwi dari Tokyo, Rabu (25/10/2017).

Pada tahun ini Mazda masih mempercayakan teknologi SKYACTIV diesel dan bensinnya. Pada 2019 Mazda mengimplementasikan SKYACTIV-X dan di tahun 2020 akan hadir SKYACTIV-D Gen 2 untuk mesin diesel. Sementara pada 2021 akan ada teknologi Plug in hybrid electriv vehicle bagi kendaraan listrik Mazda.

"Di Mazda, kami melihat misi kami untuk membawa tentang bumi yang indah dan untuk memperkaya kehidupan masyarakat serta masyarakat," tutur Ichiro Hirose.



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed