Minggu, 22 Okt 2017 16:08 WIB

Agar Bisa Maksimal, Sebaiknya Tempat Top-Up e-Toll Diperbanyak

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Demi mengurangi kepadatan dan kemacetan di jalan tol, sebentar lagi penerapan pembayaran non-tunai di seluruh ruas jalan tol akan diterapkan. Diharapkan, jalan tol nantinya tidak lebih macet seperti pada jalan arteri setelah menggunakan transaksi non-tunai. Namun penerapan itu belum diikuti oleh tempat penyediaan isi ulang kartu elektronik e-Toll.

M Agus Setiawan selaku Corporate Secretary PT Jasa Marga mengungkapkan bahwa penyediaan top-up atau isi ulang masih terbatas.

"Kami bekerja sama dengan perbankan. Jadi penyediaan kartu dan fasilitas top-up kebijakannya di bank. Namun kita sudah berupaya untuk menaruh fasilitas untuk top-up di beberapa gerbang tol khusus milik Jasa Marga dan terus kita tambah," ujar Agus di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Hal itu juga dirasakan oleh salah satu pengguna layanan tersebut, Bagus Rahmat Jamika yang juga sekaligus menjadi Ketua Umum Jakarta All Car Communities (JACC). Menurutnya, sering kali para pengguna kekurangan saldo saat melakukan tap-in di gerbang tol sehingga menyebabkan kemacetan.

"Iya saya rasa penerapan e-Toll sudah bagus ya hanya saja masih ada yang kurang yakni tempat pengisian ulangnya (top-up). Karena kalau kurang Rp 1.000 saja, nggak bisa bayar tol kan? Sedangkan itu sudah di gerbang tol nya. Nah inilah yang dirasa oleh teman-teman," ujar Bagus.

"Tadi sudah diucapkan juga ya kalau nanti untuk gardu top-up nya ditambah. Semoga saja cepat dilaksanakan sehingga pada akhir bulan nanti pas sudah 100% pakai E-Money, jalanan di tol tidak ada pristiwa seperti itu. Jadi lebih lancar," tutupnya.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com