Minggu, 22 Okt 2017 14:13 WIB

Ke Depan, Tidak Ada Lagi Gerbang Sebelum Masuk Jalan Tol

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Jika saat ini pembayaran tol bisa dibilang lebih maju karena menggunakan uang elektronik, ke depan justru diharapkan tak ada lagi gerbang tol.

"Jadi tidak ada transaksi di gerban tol, artinya gerbang tol kita angkat," ujar Kepsubbid Operasi & Pemeliharaan II, kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat - Badan Pengaturan Jalan Tol, Hadi Supriyanto, kepada detikOto, di Jakarta.

Untuk yang menggantikan gerbang tol yang ditidakan itu kata Hadi, akan digantikan oleh alat-alat tertentu. Namun prinsipnya sama pengendara bayar dan baru bisa lewat.

"Misalnya pakai OBU (On-Board Unit) atau ERP (Enterprise Resource Planning) lah, ERP-nya DKI ini nanti akan seperti itu prinsipnya sama, lewat bayar," tuturnya.

Model yang diterangkan Hadi tersebut disebut Registerd Type. Saat ini masih menggunakan unregisterd type. Dan model ini diklaim akan lebih baik dari model sebelumnya.

"Nah kalausudahregisterd tipe orangnya, atau mobilnya seperti apa, namanya siapa, dia mungkin terhubungdenganakun rekening tertentu, nanti kalaudiamelangggar kita tindak dari sana model-model itu yang kini dikaji," terangnya.
(khi/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Rabu, 20 Jun 2018 08:19 WIB
    Toyota menduduki peringkat pertama sebagai merek mobil yang paling bernilai. Produsen asal Jepang ini ditaksir memiliki nilai seharga USD 29,9 miliar.
  • Mercy Uji SUV Listrik

    Mercy Uji SUV Listrik

    Rabu, 20 Jun 2018 08:11 WIB
    Mercedes-Benz mulai menjajal performa mobil listrik EQC di jalanan yang cukup ekstrem. Crossover EQC dites di sebuah tempat di Iberia, Spanyol.
  • Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 20:43 WIB
    Produsen mobil mewah Jerman, Audi, menunjuk Abraham Schot sebagai pengganti CEO Rupert Stadler yang ditahan oleh Kejaksaan Munich.
  • Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Selasa, 19 Jun 2018 19:18 WIB
    Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, menjadi pahlawan buat Inggris. Bicara soal mobil, si kapten rupanya suka mobil keluarga, atau mobil SUV.
  • Kursi Bambu Pemudik Motor

    Kursi Bambu Pemudik Motor

    Selasa, 19 Jun 2018 17:19 WIB
    Meski tidak disarankan, pemudik masih banyak yang menggunakan motor. Agar lebih nyaman mudik, mereka memodifikasi motornya.