Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 12 Oktober 2017, 16:04 WIB

Toyota Pangkas Model Mobil yang Dijual di Jepang

Ruly Kurniawan - detikOto
Toyota Pangkas Model Mobil yang Dijual di Jepang Foto: Reuters
Tokyo - Pasar yang semakin menciut memaksa Toyota untuk memangkas jumlah model mobil yang dijual sampai setengahnya pada 2025 nanti.

Penjualan mobil di Jepang terus menciut selama lebih dari 2 dekade karena beberapa faktor. Seperti populasi yang kian menua (lebih banyak orang tua), dan kedua fakta kaum muda Jepang sudah tidak berminat lagi membeli mobil.

Di sisi lain produsen mobil tengah fokus pada mobil listrik dan mobil otonom atau mobil tanpa sopir, tak terkecuali Toyota. Seperti dilansir Reuters, Kamis (12/10/2017), Toyota menawarkan 60 model mobil di Jepang, namun Toyota akan memotong jumlah model menjadi 30 model saja pada 2025.

Hal itu dibocorkan seorang sumber yang tidak mau disebutkan namanya. Meski dipotong setengahnya, jumlah model itu masih lebih banyak dari Amerika yang mencapai 25 model.

Juru bicara Toyota Akiko Kita enggan berkomentar mengenai rencana ini, namun dia menegaskan perusahaan berupaya menjaga penjualan mobil di Jepang mencapai setidaknya 1,5 juta per tahun. Saat ini Toyota menjual sekitar 1,6 juta unit.

Mobil Toyota seperti Prius dan Aqua (keduanya mobil hybrid) merupakan model yang menjadi model terlaris di Jepang.

"Toyota mulai mengembangkan mobil listrik untuk China, Eropa dan Amerika. Mereka akan fokus menjual mobil yang bisa dijual di dalam negeri dan luar negeri," ujar analis IHS Automotive Yoshiaki Kawano.



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +