Kamis, 05 Okt 2017 16:47 WIB

Mengintip Paspampres Berlatih dengan Mobil Kepresidenan

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Mercedes-Benz Foto: Mercedes-Benz
Jakarta - Dalam sehari-harinya Presiden Joko Widodo menggunakan mobil-mobil Mercedes-Benz sebagai mobil kepresidenan. Mobil Mercy sudah menjadi mobil kepresidenan sejak Soekarno, hingga Presiden Republik Indonesia saat ini Joko Widodo.

Jika ada Presiden maka di situ ada Pasukan Pengamanan Presiden Paspampres yang mengoperasikan mobil kepresidenan. Agar Paspampres bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, Mercedes-Benz berkolaborasi dengan Pasukan Pengamanan Presiden Paspampres dalam hal ini Detasemen Peralatan Paspampres mengadakan pelatihan Guard Driver Training 2017.

"Hal ini kami lakukan agar jika suatu saat nanti terjadi masalah di tengah jalan baik itu masalah teknis dari kendaraan kami maupun ancaman dari pihak luar, pasukan Paspampres sudah terlatih dan dapat mengatasinya dengan baik serta bertindak sesuai standar prosedur keselamatan yang sudah ditetapkan. Mereka juga telah kami bekali pengetahuan khusus mengenai spesifikasi masing-masing kendaraan Kepresidenan yang digunakan," ujar Deputy Director Sales Operations & Product Management, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto dalam siaran pers, Kamis (5/10/2017).

Pelatihan itu diadakan pada tanggal 26-28 September 2017 di area JI Expo, Kemayoran, Jakarta, dengan menggunakan 5 unit kendaraan Mercedes-Benz terbaru dari tipe mobil E 250, E 300, S 400 L, GLE 250 d dan GLE 400.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari tersebut terbagi menjadi dua sesi yakni sesi pengenalan teori dan sesi praktek mengemudi di lapangan. Adapun sesi teori dilakukan di dalam tenda pasukan Paspampres dan dipimpin langsung oleh Matthias Kleinmichel, Chief Instructor, Mercedes-Benz Guard Driver Training.

Dalam sesi teori tersebut para pasukan Paspampres dibekali pengetahuan dasar tentang sejarah kendaraan-kendaraan Mercedes-Benz yang telah digunakan sebagai kendaraan resmi pengamanan Presiden dan juga pengetahuan tentang detail spesifikasi dan teknologi terbaru dari masing-masing tipe mobil yang digunakan.

Sedangkan sesi praktik mengemudi di lapangan terbagi menjadi beberapa sesi diantaranya: emergency braking, emergency braking and swerving manoeuvre, lane change dan handling parcours. Keempat sesi tersebut merupakan standar dari pelatihan Mercedes-Benz Guard Driver Training dan para pasukan Paspampres melahap semua sesi tersebut dengan baik dan dapat merasakan pengalaman langsung dengan situasi yang dibuat sedemikian rupa sama dengan situasi yang akan mereka hadapi di lapangan.

"Tujuan dari diselenggarakannya pelatihan Guard Driver Training para pengemudi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengemudi dari para partisipan pelatihan dalam usahanya untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan dari penumpang VVIP yang dibawanya di dalam kendaraan. Selain itu kami juga melatih para pengemudi untuk dapat mengatasi situasi berbahaya untuk menghindari situasi yang lebih kritis," tutur Matthias Kleinmichel. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed