Senin, 02 Okt 2017 15:50 WIB

Mobil Selebriti dengan Corak Batik

Dina Rayanti - detikOto
Mobil bercorak batik VJ Daniel. Foto: Dok. detikOto Mobil bercorak batik VJ Daniel. Foto: Dok. detikOto
Jakarta - Corak batik untuk pakaian mungkin sudah biasa kita lihat. Namun untuk dipakai menjadi motif mobil masih jarang yang berani menggunakannya. Di Indonesia sendiri ada dua selebriti yang berani menggunakan corak batik pada mobilnya.

Daniel Mananta misalnya, pada tahun 2010 lalu membatik mobil Toyota Alphard miliknya. Berbagai motif batik tampak tersaji di bagian luar mobil pria yang akrab disapa VJ Daniel itu.

Daniel beralasan ia ingin menunjukan semangat nasionalismenya lewat corak batik yang ada pada mobilnya.

"Dengan mobil ini, gue ingin menunjukkan semangat Indonesia. Kita harus ingat kalau batik adalah buah kebudayaan kita dan itu bisa dibuat menjadi lebih trendy," katanya kala itu.

Mobil Selebriti dengan Corak BatikVJ Daniel berpose dengan Alphard batiknya. Foto: Dok. detikOto

"Dan motif batik di mobil ini bukan hanya dari satu daerah saja. Ada motif batik 'Parang Rusak' yang biasa dipakai di Kraton. Ada juga unsur batik dari Cirebon dan Kalimantan," jelasnya.

Mobil Selebriti dengan Corak BatikMobil bercorak batik VJ Daniel. Foto: Dok. detikOto

Selain Daniel, di tahun yang sama gitaris dari grup band Padi, Piyu membeli Mercedes-Benz C250 CGI Avantgarde bermotif batik karya desainer batik Indonesia Carmanita dengan cara lelang.

Piyu yang bernama lengkap Satriyo Yudi Wahono itu mengalahkan 12 peminat Mercy batik di Indonesia. Piyu sendiri merogoh koceknya sebesar Rp 1 miliar untuk mendapatkan mobil Mercy C250 CGI berkelir batik.

Sebagai tanda kalau Mercy itu sudah resmi jadi miliknya, Mercy batik itu kini memiliki nomor polisi P 1 YU. Menurutnya corak batik pada mobil yakni Mercedes-Benz C250 CGI itu tidak ada tandingannya bahkan di dunia sekalipun hanya satu.

Mobil Selebriti dengan Corak BatikMercedes-Benz milik Piyu bercorak batik. Foto: Dok. detikOto

"Ini tidak ada di negara manapun dan kreasi ini hanya satu di dunia yakni di Indonesia," ucap Piyu. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed