China Pimpin Jualan Mobil Listrik di Dunia

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 08 Sep 2017 17:39 WIB
Mobil listrik (Foto: Getty Images)
Beijing - Amerika dan Eropa saat ini tengah jor-joran dalam mengkampanyekan para warganya untuk beralih ke mobil listrik. Ternyata diam-diam justru China menjadi yang terdepan dalam peralihan mobil listrik.

Hal itu diungkap lewat data indeks mobil listrik yang dirilis oleh lembaga konsultan AlixPartner yang menyatakan China menempati posisi pertama jika berbicara mobil listrik.

Dalam kuartal kedua tahun 2017 ini, China berhasil menjual sekitar 14 juta unit mobil listrik. Sementara keseluruhan benua Eropa hanya berhasil menjual 7,83 juta unit, Amerika Utara 6,15 juta, dan Jepang-Korea 1,29 juta unit.

Ini merupakan pencapaian yang cukup fantastis dari China karena pada 2013 mobil listrik yang dijual di sana sebanyak 223.700 unit. Semenjak itu memang mobil listrik mulai booming di sana.

Tesla menjadi model yang paling laris di Negeri Tirai Bambu itu dengan 6,61 juta unit mobil listrik terjual. Sementara 10 merek lain yang mendominasi penjualan mobil listrik di sana ada Nissan, GM, BMW, Hyundai, merek lokal BYD Auto, BAIC, Zhejiang Geely Holding Group, Ninghai Zhidou Electric Vehicles, dan Anhui Jianghuai Automobile.

Walaupun China memimpin dalam penjualan mobil listrik di dunia, namun penggunaan bahan bakar fosil juga masih besar-besaran untuk pabrik-pabrik mobilnya. (dry/rgr)