Kamis, 07 Sep 2017 12:04 WIB

Geely Selesaikan Beli Lotus, Maharnya US$ 65 Juta

M Luthfi Andika - detikOto
Lotus Elise (Foto: Hexagon via newspress)
Beijing - Pemilik merek Volvo dari China, Geely mengumumkan akan segera mengambil alih produsen mobil sport Lotus. Kesepakatan ini akan terwujud pada akhir bulan September 2017 dengan mahar senilai US$ 65 juta.

"Ini kabar yang sangat fantasitis, dan menjadi sesuatu yang sangat baik untuk kami," ujar Lotus Chief Executive Officer Jean Marc Gales seperti dilansir motor1, Kamis (7/9/2017).

Analis memperkirakan Lotus bisa berkiprah lebih hebat lagi di bawah kepemilikan Geely. Karena Geely biasanya melakukan hal yang revolusioner dalam menangani merek-merek di bawahnya. Saat mengakuisisi Volvo 2010 lalu, Geely mempertahankan tim Volvo mulai dari desainer sampai manajemen, namun memberikan kucuran dana yang sangat besar. Pendekatan yang sama bisa dilakukan Geely di Lotus.

Dengan dukungan dana besar dari Geely, rencana besar Lotus untuk bisa memiliki sasis super ringan dan sistem penggerak elektrik yang sudah dikonsepkan di pabrik Lotus di Inggris bisa terwujud dalam waktu singkat. Geely pun akan mendapatkan keuntungan dari Lotus.

Lotus bukan nama baru dalam hal mobil listrik. Para insinyurnya membantu Tesla dalam memproduksi mobil sport Tesla Roadster pada tahun 2008 lalu. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com