Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 07 September 2017, 08:15 WIB

Pedal Gas Macet di Kecepatan Tinggi, Apa yang Harus Dilakukan?

Dina Rayanti - detikOto
Pedal Gas Macet di Kecepatan Tinggi, Apa yang Harus Dilakukan? Istimewa
Jakarta -

[Gambas:Youtube]

Pernahkah Otolovers mengalami hal menakutkan saat mengendarai mobil? Misalnya saat pedal gas tiba-tiba tak bisa dikendalikan. Hal itu pernah dialami oleh seorang wanita di Amerika Serikat lima tahun lalu ketika dirinya mengendarai SUV Kia Sorento pada kecepatan 193 km/jam namun pedal gasnya blong.

Pada saat jalanan sepi bisa saja hal itu diatasi, namun bagaimana pada saat jalanan ramai? Beberapa tindakan pun bisa dilakukan seperti menarik langsung rem tangan, memindahkan gigi ke netral, hingga mematikan mesin, lantas tindakan apa yang terbaik?

Dalam sebuah video milik Youtube National Geographic, seperti dilansir Carscoops, yang pertama harus kita sadari adalah tipe kendaraan yang sedang dikendarai. Jika mobil yang dikendarai bertransmisi manual masalah bisa dengan cepat selesai yakni dengan menginjak pedal kopling, otomatis mobil akan segera berhenti.

Tetapi apabila mobil yang dikendarai bertransmisi otomatis, pilihan yang tepat adalah mengganti ke gigi Netral. Meski begitu pada saat kejadian si wanita yang mengendarai Kia Sorento mengatakan ia sudah berusaha untuk mengganti gigi mobil ke posisi Netral tetapi itu tak lantas membuat mobil berhenti.

Pilihan selanjutnya adalah bisa dengan menarik rem tangan dengan segera atau langsung mematikan mesin mobil, tetapi itu dilakukan apabila sudah memindahkan ke gigi Netral tak berhasil. Yang pertama harus diingat adalah saat kejadian sebaiknya lepaskan kaki dari pedal gas dengan segera, baru kemudian memindahkan gigi ke posisi netral.

(dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed