Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 06 September 2017, 16:40 WIB

Laporan dari Jepang

Si Listrik Nissan LEAF Anyar Resmi Meluncur

Firdaus Anwar - detikOto
Si Listrik Nissan LEAF Anyar Resmi Meluncur Nissan LEAF 2018 Foto: Firdaus Anwar
Jakarta - Produsen mobil asal Jepang, Nissan, pada Rabu (6/9/2017) meluncurkan produk mobil elektriknya yang teranyar kepada dunia di Tokyo. Nissan LEAF 2017 merupakan penyempurnaan dari produk sebelumnya yang sudah dipasarkan sejak tahun 2010 dan menjadi salah satu produk mobil elektrik terlaris.

Berbicara kepada media internasional CEO Nissan, Hiroto Saikawa, mengatakan model LEAF yang terbaru dilengkapi dengan sistem elektronik lebih canggih dan kapasitas baterai lebih besar. Tiga fitur utama yang ditonjolkan dari model sebelumnya adalah ProPILOT, ProPILOT Park, dan e-Paddle.

Dengan sistem ProPilot sensor yang ada di mobil akan mengambil alih kendali setir, rem, dan gas sehingga mobil pun bisa berkendara dengan sendirinya. Untuk ProPilot Park sistem yang sama juga akan membantu pengendara memarkir mobil.

Sementara itu dengan teknologi e-Paddle pengendara dapat memacu dan menghentikan mobil hanya dengan satu pedal secara otomatis.

"Mobil elektrik sekarang mungkin masih barang baru dan masih banyak orang yang cemas. Tapi kami yakin industri otomotif akan berevolusi ke arah ini," kata Saikawa dalam acara World Premiere Nissan LEAF, Makuhari Messe, Tokyo, Rabu (6/9/2017).

Nissan LEAF generasi terbaru di atas kertas mampu menempuh jarak hingga 400 kilometer dalam sekali pengisian dengan tenaga maksimal 110 kw. Dengan kapasitas tersebut artinya untuk penggunaan sehari-hari LEAF hanya perlu dicharge sekali per minggu.

Saikawa mengatakan untuk saat ini LEAF baru akan dijual di Jepang mulai 2 Oktober 2017 dengan kisaran harga 3,1 juta Yen. Setelah itu secara bertahap pada tahun 2018 LEAF akan dijual untuk daerah Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa. (fds/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +