Selasa, 05 Sep 2017 14:10 WIB

Diler Honda Duga Brio yang Terbakar Sudah Dimodifikasi

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tragedi terbakarnya Honda Brio milik Doddy Matin Zufadhli di kediamannya, di Cluster RiverTown Grand Wisata, Tambun, Bekasi, pada hari Jumat (1/09/2017) kemarin viral di media sosial. Pasalnya, mobil miliknya ini terbakar dalam keadaan terparkir.

Selama pemakaian delapan bulan kebelakang, ia dan sang istri mengaku tidak menemukan kejanggalan pada mobil. "Mobil juga tidak kami modifikasi, jadi kelistrikan aman semua, kemarin-kemarin juga tidak ada masalah kok," kata Doddy kepada detikOto.

Menanggapi hal tersebut, Arif Dedy selaku Service Manager Honda Megatama Kalimalang menampiknya. Ia beranggapan bahwa mobil milik Doddy telah dilakukan modifikasi hingga pada bagian kelistrikan.

"Saya rasa sih mobil ini (Honda Brio milik Doddy) sudah banyak dilakukan modifikasi. Kita lihat saja pada bagian pelek mobil yang sudah tidak standar," ujar Arif saat ditemui detikOto di kawasan Kalimalang, Jakarta.

"Biasanya, orang tuh tidak cuma modifikasi satu bagian saja. Jadi mungkin sudah banyak hal yang ditambah di mobil itu seperti aksesori-aksesori yang kita tidak tahu seperti apa dan berhubungan langsung pada kelistrikan mobil," tambahnya.

Memang, dirinya tidak dapat menghindari bahwa untuk mempercantik kendaraan tak jarang pula yang melakukan modifikasi. Namun sangat disayangkan bila kegiatan tersebut tidak dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya.

"Sebenarnya nggak apa-apa sih modifikasi asalkan jangan dilakukan berlebihan dan ditangani oleh ahlinya. Jadi saya rasa saat pemasangan kabel, ada salah satu kabel yang kurang solid saat dipasang sehingga mengakibatkan shoot," ungkap Arif.

Bila mobil dalam keadaan standar pabrik, papar Arif, sangat kecil sekali kemungkinannya untuk terjadi pristiwa seperti ini.

"Bila semuanya standar, kelistrikan dan peforma semua mobil pasti aman kok. Sedikit sekali, malah saya dapat katakan tidak pernah ada kejadian seperti ini sebelumnya pada mobil standar. Jadi pendapat saya, pasti ada bagian kelistrikan yang sudah dimodifikasi entah itu audio, lampu, klakson, dan lainnya. Untuk kasus ini, saya tidak dapat berikan kesimpulan karena ini sudah ranahnya APM (agen pemegang merek) Honda. Mereka juga sedang lakukan investigasi terkait peristiwa ini, ditunggu saja," kata Arif. (rgr/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed