Selasa, 05 Sep 2017 13:04 WIB

Mobil Diparkir Masih Bisa Terbakar, Lho

Ruly Kurniawan - detikOto
Brio yang terbakar saat sedang diparkir di rumah di Tambun, Bekasi. (Foto: Ruly Kurniawan) Brio yang terbakar saat sedang diparkir di rumah di Tambun, Bekasi. (Foto: Ruly Kurniawan)
Jakarta - Penyebab terbakarnya Honda Brio warna biru di Tambun, Bekasi, masih menimbulkan tanda tanya besar. Mobil milik Doddy Matin Zufadhli ini terbakar dalam keadaan mesin mati dan terparkir di rumahnya.

Keadaan tersebut membuat pemilik dan warganet heran. Mungkinkah mobil terbakar meski saat sedang diparkir?

Menurut Service Manager Honda Megatama Kalimalang, Arif Dedy, mobil yang dalam keadaan standby masih memiliki risiko tersebut. "Jika mobil standby, terdapat arus listrik yang juga standby. Risiko terbakar masih ada tapi kemungkinannya sangat kecil sekali," ujar Arif saat ditemui detikOto di kawasan Kalimalang, Jakarta.

Kemungkinan tersebut, menurut Arif, akan meningkat bila pemakai mobil telah melakukan penambahan aksesori atau modifikasi lainnya yang mengakibatkan arus listrik menjadi lebih deras dan besar meskipun ketika mobil standby.

"Apalagi bila ada perubahan pada kabel dan pemasangan kabelnya tidak rapi, isolasinya tidak rapi, dengan meningkatnya arus listrik yang lebih besar dari seharusnya, kemungkinan shoot bisa terjadi meskipun mobil dalam keadaan mati," katanya.

"Saat mobil sedang standby, akinya masih aktif dan kepasang semua nih, lalu ada salah satu kabel dibuka plus (+)-nya dan nge-shoot ke body, pasti timbul percikan," tambah Arif.

Selain itu, gulungan isolasi kabel yang terlepas akibat gigitan tikus juga dapat menjadi pemicu kebakaran pada mobil. "Selama gulungan isolasi kabel terlepas entah karena pemasangan kurang baik atau digigit tikus, kemungkinan itu bisa terjadi," katanya.

"Tidak akan langsung terbakar, kejadian itu butuh waktu. Maka harus selalu dicek kelistrikan mobil sebelum hal seperti ini terjadi lagi," tutup Arif. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed